Siap Jadi Penyuplai IKN , Desa Margahayu Kembangkan Pertanian dan Penternakan

265

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com-Desa   Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak mau ketinggalan zaman dalam mengembangkan sektor pertanian. Desa ini memiliki dua sektor unggulan yang menggunakan teknologi modern, yaitu pertanian pangan dan ternak kambing.

“Bila diperlukan ke depan kami siap memasok  hasil bumi berupa beras dan sayur mayor, juga siap untuk memasuk daging kambing,”kata kepala desa Margahayu Rusdi. Belum lama ini(10 Nopember 2023)

Lanjut Rusdi Desa Margahayu memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Dari 400 hektar sawah yang ada di desanya, sebagian besar dikerjakan oleh kelompok tani milenial. Kelompok ini terdiri dari pemuda-pemuda desa yang ingin mengelola pertanian dengan cara yang lebih canggih dan efisien.

“Kelompok tani milenial ini sudah mendapat pelatihan dari dinas pertanian sebanyak dua kali. Alhamdulillah selama ini pemudanya antusias karena di samping itu desa memperhatikan kaum milenial bisa memberikan suatu kegiatan yang positif,” katanya.

Kelompok tani milenial ini sudah mulai menerapkan teknologi pertanian modern, seperti penggunaan alat-alat pertanian yang canggih, penggunaan pupuk organik, dan pengelolaan air yang efisien. Hal ini membuat hasil pertanian mereka menjadi lebih baik dan produktivitasnya meningkat.

Selain pertanian pangan, desa Margahayu juga mengembangkan usaha ternak kambing. Ada satu kelompok yang mengelola ternak kambing di RT 15. Ternak kambing ini tidak hanya menghasilkan daging, tetapi juga pupuk organik dari kotoran kambing.

“Awalnya itu ada 11 ekor kambing tapi sekarang kan sudah berkembang menjadi puluhan. Kotoran kambing itu kita olah menjadi pupuk organik yang bisa dipakai untuk tanaman. Jadi ada manfaat ganda dari ternak kambing ini,” ujarnya.

Pengembangan pertanian modern dan ternak kambing ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Margahayu. Selain itu, desa ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kukar untuk mengembangkan sektor pertanian dan peternakan.(Adv/Kominfo Kukar /Hel )

Leave A Reply

Your email address will not be published.