Camat Loa Kulu Ardiyansyah Siapkan TPA di Desa Jembayan Tengah

163

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com  – Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, bakal dijadikan lokasi untuk Tempat Pembuangan Sampah (TPA). Namun loaksi itu jauh dari pemukiman masyarakat, sehingga tidak menganggu warga setempat.

“Penyediaan lahan ini menjadi altantif untuk pemecahan pembuangan sampah di kawasan kecamatan Loa Kulu. Kita harapkan masyarakat nantinya juga ikut membantu dalam hal pengeloaan sampah tersebut,” ujar Camat Loa Kulu Ardiansyah.

Dijelaskan, lokasi pembuangan sampah tersebut, diharapkan bisa mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya selama ini. Menurutnya, lahan yang disiapkanuntuk TPA itu miliki pemerintah dan jauh dari pemukiman penduduk.

“Nanti di Jembayan Tengah itu ada lahannya pemerintah untuk dijadikan tempat pembuangan sampah. Lokasinya jauh dari pemukiman warga,” kata Ardiansyah.

Dijelaskan, sebenarnya, sebelumnya Kecamatan Loa Kulu sudah ada Tempat Penampungan Sampah (TPS) di Desa Loa Kulu Kota. Karena lokasinya terbatas dan kapasitasnya juga telah memenuhu secara maksimal, sehingga diperlukan lokasi baru untuk menampung pembuangan sampah tersebut.

“TPS tersebut hanya antisipasi pertama. Sedangkan saat ini kami masih membuang di Kecamatan Tenggarong, tepatnya di kawasan Bekotok,” ungkapnya

Selain menyiapkan TPA, pihak kecamatan juga berencana melatih masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik. Diharapkan, dengan pengelolaan sampah yang baik, menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat, seperti mengolah limbah menjadi barang berharga.

“Ada empat desa yang akan dilatih untuk penanganan sampah yang benar. Mereka akan diajari cara pengelolaannya, sehingga sampah yang dikelola bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk masyarakat,” ujar Ardiansyah.

Terkait pengangkutan sampah, Kecamatan Loa Kulu telah menerima bantuan satu armada dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Meski sudah dua kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah setiap hari, namun masih belum cukup. Dengan adanya bantuan dari Pemkab Kukar, diharapkan mampu mengatasi pengangkutan sampah. (adv/Kominfo Kukar /War)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.