Dukung Pertanian, Desa Margahayu Kukar Butuh 20 Handtracktor

269

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com   Desa Margahayu memiliki 27 RT yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber penghasilan utama. Namun, desa ini masih kekurangan alsintan yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan petani.

Desa ini mengusulkan kebutuhan sekitar 20 alsintan, seperti handtraktor, jonder, eksavator, dan mesin rotari, agar pekerjaan dan hasil panen petani dapat lebih baik.

Kepala Desa Margahayu, Rusdi mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kebutuhan alsintan kepada pemerintah kabupaten. Ia berharap, usulannya dapat dipenuhi agar produktivitas dan kesejahteraan petani dapat meningkat.

“Kemarin pernah kami konsep daripada perencanaan pertanian di kabupaten jadi saya sampaikan bahwa Margahayu itu kurang handtraktor sekitar 20 unit, jonder dua unit, eksavator satu unit dan mesin rotari lima unit, karena ini salah satu alat penunjang pertanian,” ujarnya, Rabu (8/11/2023).

Selain mengusulkan alsintan, desa ini juga mendapatkan bantuan bibit padi, kapur, dan bibit sapi dari pemerintah dan anggota dewan. Rusdi mengapresiasi bantuan tersebut dan berharap dapat terus berlanjut dan ditingkatkan.

“Di setiap RT itu masyarakatnya pasti ada yang memelihara sapi. Bantuan bibit sapi ini sangat bermanfaat untuk menambah penghasilan masyarakat,” katanya.(Adv/Diskominfokukar/lx)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.