Wisata Embung Dumati di Desa Prangat Marang Kayu Kukar

565

KUTAI KARTANEGARA (Amanah Ummat.Com) Sebuah embung di Desa Perangat Selatan, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, disulap menjadi wadah wisata, yang diberi nama Pariwisata Embung Dumati.

Wisata anyar ini dulunya merupakan wilayah rawa yang dibendung dan dimanfaatkan untuk mengairi pertanian kala musim kemarau melanda.

Kepala Desa (Kades) Perangat Selatan, Sarkono mengatakan wisata yang terletak di jalan poros tersebut luasnya mencapai dua hektare (Ha).

lokasi Embung Dumati sangat strategis, sehingga dianggap mampu menyedot wisatawan.

Rencananya, pemdes bakal melakukan pengembangan melalui dana CSR dari PT Pertamina Hulu Sangasanga (PHSS) dan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ).

Bahkan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, dua perusahaan tersebut telah memberikan dana pembangunan embung kurang lebih Rp400 juta.

“Dari anggaran tersebut, kami sudah menguatkan pembangunan embung dan ke depannya akan dialokasikan untuk perawatan dari wisata tersebut,” jelas Sarkono.

Khusus di 2024 ini akan dilanjutkan pembangunan berupa sarana toilet, gazebo dan taman.

Semenjak dibuka, Sarkono mengaku peminat wisata ini sudah cukup tinggi, sehingga pemdes merancang untuk membentuk sarana edukasi bagi anak-anak sekolah yang ingin melakukan study tour.

Sarkono juga menginginkan konsep dari pariwisata embung desa bukan hanya menjadi tempat berwisata dan rekreasi, melainkan jadi tempat edukasi dan pemberdayaan beberapa sektor, seperti sosial, ekonomi dan pertanian.

“Seperti pariwisata yang dikelola bersama pihak swasta, yakni lembah asri, tempat untuk pelatihan pertanian dan peternakan. Karena sarana dan prasarananya sudah tersedia di sana,” sebutnya.

Dia berharap pariwisata yang dibangun dengan menggandeng pihak swasta ini dapat berjalan sesuai dengan ekonomi sirkular, berdampak secara ekonomi, lingkungan dan juga sosial.

“Melalui pariwisata ini target kami di 2025 yang akan datang dapat menghasilkan PADes yang dikelola oleh Bumdes,” harapnya.(adv/diskominfo kukar)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.