Bahas Pra Rancangan APBD 2024 dan RAPBDS 2025, Sekda Hadiri Rapat Dengan DPRD

1,176

KUTAI KARTANEGARA (Amanah Ummat.Com)– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menghadiri rapat pembahasan pra rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2024 dan rancangan APBD tahun 2025 bertempat di ruang Batara Hotel Fugo Samarinda, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid tersebut turut dihadiri para anggota DPRD Kukar, serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Kukar.

Saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sunggono mengatakan pembahasan pra rancangan APBD perubahan tahun 2024 dan rancangan APBD tahun 2025 merupakan momen yang penting, karena menurutnya melalui diskusi dan pertukaran pendapat, akan menciptakan landasan anggaran yang kuat untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kukar.

Menurut Edi dalam menghadapi perubahan ekonomi dan dinamika keuangan yang tidak dapat diprediksi, Pemkab Kukar telah melakukan analisis dan perencanaan anggaran dengan cermat untuk tahun anggaran 2024 dan 2025.

“Perencanaan ini tidak hanya mempertimbangkan pendapatan dan belanja daerah, tetapi juga dampak dari kebijakan pusat, serta prioritas pembangunan daerah,” ujarnya.

Namun menurutnya, dalam pelaksanaannya Pemkab Kukar dihadapkan pada tantangan yang cukup berat, terhadap hal-hal pokok yang terjadi diluar kendali pemerintah daerah seperti diantaranya defisit dan penyesuaian belanja pemerintah.

Sehingga Pemkab Kukar menurutnya, melakukan penyesuaian guna menjaga stabilitas keuangan daerah, dengan melaksanakan langkah-langkah strategis dan efisiensi anggaran menjadi fokus utama dalam menghadapi defisit tersebut.

Lebih lanjut, Edi mengatakan melihat tantangan yang ada di tahun 2024, Pemkab Kukar telah menyiapkan rancangan RKPD untuk APBD tahun 2025. yaitu fokus utama APBD 2025 adalah pada sektor ketahanan pangan sebagai langkah strategis untuk merealisasikan visi Kukar sebagai lumbung pangan utama di Kalimantan Timur. yang mana hal tersebut menurutnya tertuang dalam rancangan RKPD 2025 yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan peningkatan produksi pertanian.

“Saya mengajak kita semua untuk bekerja sama dengan penuh semangat dan dedikasi dalam menghadapi tantangan ini. kita perlu menjaga kekompakan dan komunikasi yang baik antara eksekutif dan legislatif, agar setiap kebijakan yang diambil benar-benar bisa membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Kutai Kartanegara,” pungkasnya.

Sebagi informasi, pada kesempatan tersebut juga dirangkai dengan dialog interaktif, serta tanya jawab dan pertukaran informasi antara anggota DPRD Kukar yang hadir dengan tim TAPD Pemkab Kukar terkait langkah-langkah strategis yang akan dilakukan kedepannya.(Adv Diskominfo Kukar/Zal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.