Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kukar Raih Kalpataru

207

JAKARTA Amanah Ummat.Com– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia  memberikan penghargaan Kalpataru kepada Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Bekayuh Baimbai, Bebudaya (B3) Desa Pela Kecamatan Kota Bangun yang diterima Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin pada  Rabu (5/6/2024).

Dalam rilis yang diterima redaksi, acara penganugerahan penghargaan Kalpataru tahun 2024 ini dilaksanakan di ruang Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Tanah Abang Jakarta Pusat,

Menteri LHK RI Siti Nurbaya mengatakan para penerima penghargaan Kalpataru adalah pahlawan lingkungan yang benar-benar telah melakukan sesuatu yang luar biasa dan nyata guna mempertahankan, meningkatkan dan memulihkan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan, serta kualitas sosial masyarakat yang lebih baik.

“Oleh karena itu, para penerima penghargaan Kalpataru adalah tokoh-tokoh penting dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, mereka bukan sembarang orang atau kelompok, atau entitas,” ujar Siti Nurbaya.

Menurutnya, pemberian penghargaan Kalpataru selain sebagai tanda menghargai upaya dan jasa bakti pada lingkungan, sekaligus merupakan amanah bagi penerimanya, untuk tetap menjaga dan meningkatkan kepeloporan serta upaya-upaya perlindungan, pemeliharaan, dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Para penerima penghargaan dinilai telah berdedikasi dan konsisten dalam menjaga dan melakukan penyelamatan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. oleh karenanya, menurutnya para penerima penghargaan patut untuk dijadikan teladan bagi masyarakat luas.

Penghargaan Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Turut mendampingi Wabup Kukar pada kesempatan tersebut diantaranya Asisten II Setdakab Kukar Ahyani Fadianur Diani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Slamet Hadi Raharjo.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis B3 Kota Bangun Alimin mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mendukung Desa Pela dan Pokdarwis B3 menjadi penerima Kalpataru tingkat nasional.

“Semoga ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi pengurus dan pengelola Pokdarwis yang ada di Kaltim untuk dapat meningkatkan kualitas, pelayanan dan kepedulian menjaga lingkungan sekitar,” harapnya.(adv/diskominfo-kukar/yul)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.