Ketersediaan Sapi dan Kambing Kurban di kaltim Dipastikan Cukup

320

SAMARINDA Amanah Ummat.Com – Ketersediaan komoditas hewan ternak sapi dan kambing di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah dipastikan cukup. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim, Fahmi Himawan

Dari pendataan dan proyeksi kebutuhan hewan kurban yang dilakukan DPKH Kaltim di 10 kabupaten/kota, kebutuhan hewan ternak sapi sebanyak 11.445 ekor. Sementara ketersediaannya mencapai 12.543 ekor. Dengan harga beli per ekor berkisar antara Rp 18 juta – Rp 36 juta.

Sedangkan, untuk hewan ternak kambing, kebutuhan untuk kurban Iduladha 2024 mencapai 6.059 ekor. Sementara ketersediaanya berada di angka sekitar 7.790 ekor. Dengan harga beli per ekor berkisar antara Rp 3,4 juta – Rp 7,6 juta.

Data kebutuhan kurban itu kami dapatkan dari 10 kabupaten/kota. Kebutuhan dan ketersediaan hewan kurban tahun 2024 neracanya positif. Di Balikpapan, Paser, Kutim, PPU, Samarinda semuanya menunjukkan ketersediaan aman. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan ternak,” kata Fahmi kepada awak media saat Jumpa Pers di Kantor Diskominfo Kaltim, Jumat (7/6/2024).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim, Fahmi Himawan.

Jika dibandingkan dengan tahun 2023, jumlah kebutuhan ternak kurban tahun 2024 diakui meningkat. Hal itu menurut Fahmi, disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk Kaltim. Baik pertambahan penduduk di internal wilayah Kaltim, maupun pertambahan penduduk karena perpindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Ia juga memaparkan, pihaknya langsung mendatangi beberapa lokasi sentra hewan ternak kurban untuk memastikan data kebutuhan dan ketersediaan hewan kurban sesuai dengan kondisi eksisting di kabupaten/kota.

Dalam rangka persiapan Hari Raya Idhuladha, DPKH Kaltim juga melakukan pengawasan lalu lintas ternak, pengawasan penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih, edukasi persiapan pemotongan hewan kurban, dan fasilitasi bantuan peralatan potong hewan kurban ke masjid-masjid. (Adv/Diskominfo Kaltim)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.