IAI Kukar Menggelar Konfercab Dirangkai Dengan Seminar Kefarmasian, pengabdian masyarakat dan family Gathering

Apoteker Dewi Dina Yuniarti terpilih menjadi ketua PC IAI Kutai Kartanegara periode 2024-2028

421

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kutai kartanegara menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) yang dirangkai dengan Seminar Kefarmasian, pengabdian masyarakat dan family Gathering mengambil tema “Apoteker Maju : Bersatu, Berbagi dan Bertanggung Jawab” yang dilaksanakan secara Hybrid (Luring dan Daring). Kegiatan Konferensi Cabang dilaksanakan selama 2  hari, yaitu Kamis (30/5/2024) secara Daring dan secara Luring pada Sabtu (1/6/2023). Kegiatan di Aula SMKN 5 Balikpapan dan Pantai Smacly Lamaru Balikpapan.

Ketua panitia, Apt. Hadrah Arisca, S.Farm dalam laporannya mengungkapkan bahwa selain kegiatan Konfercab PC IAI Kukar, digelar juga kegiatan seminar kefarmasian, pengabdian masyarakat dan family Gathering yang diikuti hampir seluruh anggota PC IAI Kukar sekitar 300 an apoteker.

Ketua PC IAI Kukar 2020-2024 apt. Nina Rasmina, S.Si menyampaikan terimakasih bahwa tujuan akhir kegiatan ini selain memilih ketua PC IAI Kukar Periode 2024-2028, juga sebagai persembahan terakhir kepengurusan lama untuk semua anggota IAI Kukar.

“Kita adakan Seminar Kefarmasian terkait update perizinan terbaru, pengabdian masyraakat berupa Kegiatan pencegahan stunting pada remaja  yaitu  pembagian tablet tambah darah pada remaja putri dan pembagian makan sehat berupa pembagian 1 butir telur dan onigiri kepada pelajar SMKN 5 Balikpapan” ujar Nina

 

“Kita juga mengadakan Family Gathering apoteker Kukar di pantai Lamaru Balikpapan, sebagai persembahan cinta utk sejawat apoteker Kukar” tutup Nina, ketua IAI Kukar 2 perode ini.

Kepala balai pom di samarinda sem lapik (5 dari kiri), ketua pc iai Kukar demisioner Nina Rasmita (3 dari kiri)

Ketua PD IAI kaltim Dr. apt. Arsyik Ibrahim, M.Si. menyampaikan bahwa momentum Konfercab adalah momentum untuk melanjutkan estafet kepemipmpinan dalam suatu organisasi, sesuai dengan amanah AD/ART IAI. Harapannya pada momentum ini melahirkan kader pengurus yang amanah dan bisa meningkatkan rasa persaudaraan sesama apoteker.

“Laksanakanlah konferensi ini dengan baik, dengan tetap mengedepankan prinsip musyawarah mufakat dan yang tak kalah pentingnya, setelah konferensi ini nantinya, terus perkuat komitmen bersama yang dituangkan dalam program kerja serta semakin meneguhkan iai sebagai mitra pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat secara komprehensif,” harap Arsyik Ibrahim.”

Hadir juga sejumlah Undangan dari Dewan Penasehat IAI Kaltim dan juga pengurus pusat IAI yaitu apt. Drs. M. Nasruddin dan apt. Dra. Hasnah Haerani, M.Kes, Ketua Dewas Kaltim apt. Drs. Abdul Haris Rauf, Anggota MKEAI Kaltim P. Triwulaningsih, Dewan Penasehat apt. Dra. Linawati, dan apt. Ferry Syahroni, S.Si. dan Ketua PC IAI Balikpapan apt. Endah Rahmawati, S.F.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan terkait stunting. apt. Dra. Hasnah Haerani, M.Kes yang juga sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikapapan menyampaikan bahwa stunting sebagai suatu permasalahan kesehatan, stunting termasuk dalam gangguan pertumbuhan yang diakibatkan karena tidak sesuainya jumlah asupan gizi yang harus diterima dan kurangnya kualitas gizi tersebut.

“Stunting juga dapat menyebabkan anak mudah terkena infeksi, serta berisiko terjangkit penyakit tidak menular seperti, diabetes,dan hipertensi.  Selain itu faktor ekonomi dan pendidikan menjadi hal yang dapat mempengaruhi terjadinya stunting’ ujar Hasnah.

Keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang tercukupi akan merasa kesulitan untuk memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang bagi anak-anaknya. Begitu pula dengan orang tua yang minim pengetahuan mengenai pemberian gizi seimbang akan sangat berbahaya apabila tidak segera diberi penyuluhan. Maka, pentingnya pemahaman mengenai kualitas dan kuantitas gizi yang harus diberikan pada anak merupakan satu langkah pencegahan stunting.

Kegiatan terkait penyuluhan pencegahan Stunting ditutup dengan pembagian tablet tambah darah pada remaja putri dan pembagian makan sehat berupa pembagian 1 butir telur dan onigiri kepada pelajar SMKN 5 Balikpapan.

Kegiatan Seminar Kefarmasian untuk pembicara pertama yaitu Sarjito, SKM dari DPMTSP Kukar yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyelanggaraan Perijinan SIPA melalui Pelongseng Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Perijinan SIA melalui OSS RBA. Pembicara kedua Ns. Mukmin Nasri, S.Kep dari SDK Dinas Kesehatan Kukar, yang menyampaikan materi Kebijakan Transformasi Tenaga Kesehatan melalui platform SISDMK dan Platform Satu Sehat Kemenkes RI, dan apt. Drs. Sem Lapik, M.Sc, Kepala BBPOM di Samarinda yang menyampaikan materi terkait Farmakovigilans dan Mekanisme Pelaporan Farmakovigilans.

Ketua terpilih jilbab merah apt. Dewi Dina Yuniarti, S.Si

Kegiatan Konfercab dengan Presidium Sidang adalah Apt. Muhammad Ridwan, S. Farm, ⁠Apt. Siwi Wuri Astuti, S.Si dan ⁠Apt. Hadrah Arisca, S.Farm, yang juga didampingi oleh Dr. apt. Eka Siswanto Syamsul,  M.Sc perwakilan PD IAI Kalimantan Timur untuk Peninjau Konfercab IAI Kukar.

Agenda penyampaian Laporan Pertanggungjawaban PC IAI Kukar periode 2020-2024 oleh Ketua, apt. Nina Rasmita, S.Si. yang selanjutnya diterima oleh peserta Konfercab. Setelah itu dilaksanakan pemilihan pengurus yang baru. Terdapat 3 nama yang masuk sebagai calon ketua PC IAI Kukar periode 2024-2028 yaitu: Apt. Dewi Dina Yuniarti, S.Si, ⁠Apt. La Ode Basmudin, S.Si, dan ⁠Apt. Artanto S, S.Farm.

Dalam pelaksanaan pemilihan akhirnya secara aklamasi terpilih Ketua PC IAI Kukar periode 2024-2028 adalah apt. Dewi Dina Yuniarti, S.Si. Kepengurusan selengkapnya akan disusun bersama tim formatur yang telah terbentuk. (Eka Siswanto Syamsul/ Ovan Trianti Lamba Tim Media Nasional PP IAI/ PD IAI Kaltim).

Leave A Reply

Your email address will not be published.