PJ Gubernur Kaltim Lepas Jamaah Haji Kloter 01 Embarkasi Haji Balikpapan

484

BALIKPAPAN Amanah Ummat. Kaltim.Com-Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Abdul Khaliq, resmi melepas Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 01 Embarkasi Haji Balikpapan pada hari ini, Selasa (14/05/2024) siang.

Acara pelepasan yang dilangsungkan di Aula Jabal Nur Asrama Haji Balikpapan ini diwarnai dengan penyerahan bendera merah putih kepada Ketua Kloter 01 sebagai bentuk seremonial keberangkatan.

“Alhamdulilah penantian yang panjang hingga bisa diberangkatkan hari ini,” ucap Akmal.

Pada momen tersebut, Pj. Gubernur, Akmal Malik, turut mendoakan Calon Jemaah Haji Kloter 01 dengan jumlah 319 orang yang berasal dari Kota Balikpapan agar selalu berada dalam lindungan Allah Swt.

“Semoga ibadahnya dilancarkan dan pulangnya menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” harapnya.

Tak hanya mendoakan, dia mengingatkan kepada para calon jemaah bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan kesehatan fisik dan mental.

“Ditambah kondisi rilnya hampir 30 persen yang berangkat sekarang berumur di atas 60 tahun,” sebut Akmal.

Terkait banyaknya jumlah calon jemaah yang berusia lanjut tersebut, Akmal mengatakan tak perlu khawatir, bahkan dirinya memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama terhadap layanan yang semakin membaik tiap tahunnya.

“Kita harus berterima kasih kepada Kementerian Agama yang sudah menyelenggarakan pelaksanaan ibadah haji dengan sangat baik. Saya juga mendengar pelayanan di Mekkah, Madinah, dan Jeddah sudah jauh lebih baik, jadi bapak dan ibu tidak usah khawatir bawa perlengkapan banyak-banyak, disana sudah lengkap,” bebernya.

Terakhir, Akmal mengatakan seluruh jemaah adalah duta dari negara Indonesia, karenanya ia berharap kepada seluruh jemaah agar menjaga nama baik Indonesia saat berada di Tanah Suci.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Balikpapan, yang dibacakan oleh sekretaris PPIH, Mohlis, Embarkasi Haji Balikpapan tahun ini memberangkatkan calon jemaah ke Arab Saudi berjumlah 5.936 orang dengan total 19 kloter. Keseluruhan jemaah terbagi ke dalam 4 provinsi, yakni Kalimantan Timur 2.723 jemaah, Kalimantan Utara 436 jemaah, Sulawesi Tengah 2.062 jemaah, dan Sulawesi Utara 715 jemaah.

Selama di Arab Saudi para jemaah didampingi oleh 94 orang petugas, yang berasal dari TPHI berjumlah 19 orang, TPIHI 19 orang, dan TKHI 56 orang.

Berkesempatan hadir bersama tamu undangan lain, Direktur pada Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Saiful Mujab. (Humas kemenag kaltim)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.