Edi Damansyah Sapa Masyarakat Kukar, Dialog Interaktif Bersama RRI Kaltim

151

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edy Damansyah sapa masyarakat kukar dan paparkan Program Kukar idaman  (Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri) saat menjadi narasumber pada dialog interaktif yang digagas oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Kaltim di ruang kerja Bupati Kukar Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kukar, Kamis (4/4).

Kegiatan bertemakan “Bupati Kutai Kartanegara Menyapa” tersebut digelar secara live, dan dipandu oleh presenter RRI Kaltim Marga Rahayu.

Dimana pada kesempatan tersebut, Edi Damansyah juga berkesempatan menjawab secara langsung pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat Kukar yang menjadi responden pada kegiatan itu.

Salah satunya, ialah pertanyaan dari Mursidi terkait keingin masyarakat Kecamatan Sangasanga atas keberadaan pom bensin di wilayahnya, khususnya yang berkaitan dengan pom bensin bagi para petani dan nelayan guna memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi kendaraan operasional pertanian dan nelayan.

Menjawab pertanyaan tersebut, Edi Damansyah mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada, terus mendorong finalisasi pom bensin bagi para petani dan nelayan yang ada di Kecamatan Sangasanga,

Karena menurutnya kehadiran pom bensin di suatu wilayah terlebih dahulu harus melewati berbagai hasil kajian dilapangan, karena keberadaan pom bensin sendiri menurutnya merupakan bentuk investasi sehingga keberadaannya pun perlu melalui kajian-kajian terdahulu.

“Jadi kami ada BUMD, kemarin sudah saya dorong jadi sekarang sedang melakukan finalisasi yang pom bensin untuk para petani dan nelayan,” ujar Edi Damansyah.

Lebih lanjut, Edi mengatakan terkait kebutuhan BBM bagi operasional para petani dan nelayan, Pemkab Kukar terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan BBM tersebut. Namun demikian, saat ini sistem yang digunakan ialah dengan cara dititipkan di SPBU terdekat di wilayahnya masing-masing, setiap wilayah memiliki kuota berbeda-beda sesuai data peralatan operasional yang dimiliki oleh para petani dan nelayan.

“Kami bersepakat terkait pemenuhan bahan bakar untuk para nelayan dan petani itu memang sudah kami laksanakan, dan di prioritaskan tapi bentuknya dititipkan untuk sementara ini, tapi inikan berbasis pada data,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya terkait indeks kepuasan masyarakat selama dirinya memimpin Kabupaten Kukar, Edi Damansyah mengatakan bahwa berdasarkan data tingkat kepuasan masyarakat saat ini berada disekitaran 79 persen,

Namun bila berdasarkan penilaian kepuasan secara pribadi dirinya mengatakan bahwa ada kepuasan batin tersendiri, khususnya terkait beberapa program pembangunan berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

Sementara itu, menjawab terkait kepuasan batin, dirinya menceritakan bahwa dulunya saat dirinya pulang ke kampung halaman setiap momen Idul fitri, Ia singgah di beberapa masjid untuk melaksanakan ibadah sholat, namun Edi menemui bahwa ada beberapa titik masjid atau musholla yang tidak memiliki imam atau pengurus masjid yang tetap.

Namun saat ini menurutnya melalui program satu desa satu hafiz quran, dua tahun terakhir ini saat pulang kampung, Edi menemui bahwa di setiap masjid tersebut telah memiliki imam tetap alumni program satu desa satu hafiz quran tersebut. iakhir dialog interaktifnya, Edi Damansyah yang merupakan pencetus program satu desa satu hafiz quran, dan Gerakan Etam Mengaji Alquran (Gema) diminta oleh presenter RRI Kaltim Marga Rahayu untuk melantunkan ayat suci Alquran, dimana pada kesempatan tersebut Edi Damansyah membacakan surah Al Baqarah.(Adv/Kominfo kukar/prokom07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.