Disdik kukar Gelar Etam Mengaji, Bupati Awali Baca Quran

164

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Gerakan Etam Mengaji Alquran (GEMA) bertempat di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura (kawasan budaya), Kecamatan Tenggarong, Senin (1/4).

Adapun kegiatan dalam rangka Festival Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi tersebut diikuti umat muslim dari berbagai kalangan usia. Di mana para peserta GEMA tumpah ruah memenuhi lokasi yang telah ditentukan oleh panitia, seperti di dalam kawasan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Jalan Monumen Pancasila, Tenggarong.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Kukar KH Abdul Hanan dengan harapan Kabupaten Kukar selalu diberikan keberkahan dan curahan rahmat dari yang Maha Kuasa. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran yang diawali oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan diikuti seluruh peserta yang hadir, di mana surah yang dibaca pada kegiatan tersebut ialah surah Al Baqarah.

Edi dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan seluruh pihak, sehingga Gerakan Etam Mengaji Alquran terus berjalan selama ini. Baik di lingkungan sekolah-sekolah, rumah-rumah, maupun lembaga-lembaga pendidikan Alquran yang ada di Kukar.

“Maksudnya tidak lain, bagaimana kita bisa membaca Alquran, memahami Alquran, dan melaksanakan isi Alquran di dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Edi. Lebih lanjut, Edi mengapresiasi kegiatan GEMA bisa dilaksanakan selama tiga tahun berturut sejak tahun 2022 hingga tahun 2024 di setiap Bulan Suci Ramadan.

“Semoga kegiatan ini, momentum ini untuk terus mendorong semangat kita belajar, memahami dan menerapkan isi Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga berharap apa yang telah dilaksanakan tersebut bisa menjadi motivasi bagi setiap individu umat muslim di Kabupaten Kukar untuk melaksanakan ibadahnya sebaik-baiknya. Baik ibadah wajib maupun sunnahnya, dan menjadi amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga apa yang telah kita lakukan ini khususnya pada Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, dan ampunan ini kita bisa melaksanakan ibadah kita dengan sebaik-baiknya, ibadah wajib kita, ibadah Sunnah kita, maupun tadarusan dan belajar membaca Alquran. Semoga kegiatan kita ini dicatat menjadi amal ibadah, mendapat ridho berkah Allah SWT,” harap Edi.

Kegiatan yang dirangkai dengan buka puasa bersama tersebut turut dihadiri di antaranya Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kukar H Harunnur Rasyid, Kepala Disdikbud Kukar Tauhid Aprilianto, Kabag Humas Setdakab Kukar, Ismed. (adv/Kominfo kukar/Ghib))

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.