PD IAI Kaltim Gelar Rakerda dan MUSDA Untuk Himpunan Seminat dan Perhimpunan

836

SAMARINDA , Amanah Ummat – Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Kalimantan Timur menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Musyawarah Daerah (MUSDA) Himpunan Seminat dan perhimpunan  Sabtu, 2 Maret s/d 3 Maret 2024 di Swissbell Hotel Samarinda .

Mengangkat tema Rakerda yaitu “Optimalisasi peran dan fungsi organisasi pasca terbitnya UU No 17 tahun 2023 tentang kesehatan”, acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Ketua Umum II PP IAI apt. Drs. M. Nasruddin

Dalam sambutannya, Ketua PD IAI Kalimantan Timur Dr. apt. Arsyik Ibrahim, M.Si menekankan pentingnya menggali kembali fungsi organisasi profesi dengan melakukan adaptasi pada Undang-Undang No 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan yang terbaru.

‘’Saya mengajak semua pengurus PD, PC, maupun himpunan seminat dan perhimpunan untuk bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan dan dapat berkontribusi aktif dalam organisasi yang kita cintai IAI untuk kemaslahatan apoteker’’ ajak Dosen Farmasi Unmul tersebut.

Arsyik juga menekankan semangat kolaborasi dalam pelaksanaan program Kerja Organisasi antar organ IAI Daerah kalimantan Timur untuk tujuan penguatan kerja sama antar organ, efektifitas program  dan membangun semangat kesejawatan sesama apoteker.

“Adaptasi pelaksanaan UU pada kegiatan organisasi dengan memaksimalkan Tugas dan Fungsi Organisasi Profesi melalui Sinergitas Organ IAI.  Hal ini dilakukan karena pentingnya peran apoteker di sarana kesehatan, tidak hanya untuk menjaga kelangsungan pelayanan di sarana tersebut, tetapi juga berkaitan dengan dampak pelayanan apoteker terhadap masyarakat sekitar.” Ujar apoteker RSUD AW Sjahranie tersebut

Wakil Ketua Umum II PP IAI apt. Drs. M. Nasruddin (Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia). mengingatkan pentingnya fokus pada pembinaan anggota untuk menjaga dan meningkatkan kompetensi. Dia juga menyoroti perubahan undang-undang yang mengambil alih kembali kewenangan yang sebelumnya diserahkan oleh pemerintah kepada IAI.

Setelah melaksanakan kegiatan Rakerda, PD IAI Kaltim juga melaksanakan kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) Himpunan Seminat Farmasi Distribusi (HISFARDIS), Himpunan Seminat Farmasi Masyarakat (HISFARMA), dan Indonesian Young Pharmacists Group (IYPG) Kaltim.

Sementara itu dalamMusyawarah Daerah sukses menghadirkan ketua baru sebagai estafet kepemimpinan, untuk HISFARDIS terpilih apt. Nuficho Nor Rachman, S.Farm.  (ketua sebelumnya apt. Ponco Abdul Hakim, S.Farm), untuk HISFARMA terpilih apt. Andi Alfian Amdar, S.Si (sebelumnya apt. Makmur Hafid, S.Farm.), untuk IYPG Kaltim terpilih apt. Hendri Rohmad Setiawan, S.Farm (sebelumnya apt. Trianti T. Lamba’, S.Farm),/

Sesi selanjutnya adalah pelantikan untuk seluruh seminat dan perhimpunan PD IAI kaltim yaitu: HISFARDIS, HISFARMA IYPG Kaltim, Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI, ketuanya apt. Hariyadi Saputro, S.Farm, M.Sc), Himpunan Seminat Kesehatan Masyarakat (HISFARKESMAS, ketuanya apt. Taty Wahyuningsih, S.Farm), Pengurus Daerah Apoteker Tanggap Bencana (ATB, ketuanya apt. Anggara Joko Pratama, S.Farm.)

Ketua PD IAI Kaltim Dr. apt. Arsyik Ibrahim, M.Si. mengatakan, jumlah anggota IAI Kaltim kurang lebih 2.500 orang apoteker.

“Dengan jumlah yang cukup besar, kami harap pengurus seminat dan perhimpunanyang dilantik hari ini bisa melihat isu yang sedang berkembang dibarengi dengan kompetensi sehingga masyarakat bisa melihat wajah apoteker lebih baik,” kata Arsyik.

Arsyik juga menyampaikan apresiasi kepada kepengurusan seminat dan perhimpunan periode yang lalu baik HISFARDIS, HISFARMA, IYPG, dan HISFARSI dimana memberikan kontribusi untuk kemajuan apoteker Kaltim. Beliau juga mengucapkan Selamat bekerja untuk ketua yang baru terpilih, dan bersama-sama untuk berkolaborasi untuk kemajuan dan kesejahteraan apoteker.

(Eka Siswanto Syamsul dan Trianti T. Lamba, Tim Media Nasional PP IAI/ PD Kaltim).   

   

Leave A Reply

Your email address will not be published.