DPRD Apresiasi Perpustakaan Samarinda Yang semakin Cantik, Tapi Harus diikuti Fasilitas Penunjang lain-nya.

133

SAMARINDA ,Amanah Ummat.Com-Menyadari bertempat di Ibukota Kalimantan Timur, Kota Samarinda mempunyai penduduk yang banyak, termasuk para mahasiswa dan pelajarnya. Kaum milinial ini tentu memerlukan bacaan, reverensi atau ruang baca yang memadai.

Untuk menjawab kebutuhan para mahasiswa, bahkan masyarakat umum akan ruang baca yang memadai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda terus melakukan gebrakan dan inovasi melalui berbagai program unggulan dan layanan prima. Salah satu program unggulannya adalah Pemilihan  Duta baca Kota Samarinda  Tahun 2023  lalu. Dinas Perpustakaan juga terus mempercantik sarana dan prasaranyanya.

Belum lama ini Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Damayanti melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda. Kedatangannya ini bertujuan untuk melihat kondisi dan situasi perpustakaan tersebut.
Damayanti mengatakan, bahwa Perpustakaan Daerah Kota Samarinda sudah memiliki koleksi buku yang cukup banyak dan bervariasi, serta ruangan teater dan ruang membaca yang nyaman.

Namun Menurut  , Damayanti.  masih ditemukan banyak kekurangan di  fasilitas penunjang, diantaranya tempat duduknya kurang nyaman, komputer kurang lengkap, bacaan media cetak juga kurang tersedia, padahal masyarakat kepingin membaca berita di media cetak, walaupun di medsos juga  bias di akses.

“Menurutku fasilitas penunjangnya seperti ruang baca, computer masih perlu dilengkapi dan sarana sarana lainya masih jauh dari  yang diperlukan masyarakat,”Katanya di kantor dewan DPRD Kota Samarinda( 13/2/2024)

Berdasarkan tinjauan komisi IV di tahun lalu, masih banyak fasilitas yang harus dilengkapi Pemkot Samarinda, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Samarinda. Di antaranya tempat duduk, komputer, dan ruang baca yang nyaman masih jauh dari kata ideal,” ungkapnya.

Damayanti menekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk mendukung minat baca masyarakat. Masukan ini pun telah ia sampaikan kepada pihak perpustakaan, untuk membantu dalam hal penganggaran melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Sebab menurut Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, dukungan anggaran tersebut akan membantu merealisasikan pembaruan fasilitas yang diperlukan. Meskipun koleksi buku di perpustakaan telah diperbarui, Damayanti mendorong agar beberapa fasilitas ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan pembaca (ADV DPRD Kota Samarinda/Gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.