PLT Ka Balai Pemasyarakatan Silaturahmi Dengan MUI Samarinda

734

SAMARINDA Amanah Ummat.Com-PLT Kepala Bapas Samarinda Sapto Nugroho beserta jajarannya  mengadakan audiensi  dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samarinda di Jalan Juanda Samarinda Senin (8/1/2024 )Tujuanya adalah jalin silaturahmi, sinergi dan koordinasi serta rencana kerjasama .

Sapto Nugroho yang didampingi stafnya supriadi (Kasubdit BKD), Yunita S(PK Madya) dan Devan S(PK Pratama) memaparkan   tugas, fungsi dan wewenang Balai Pemasyarakatan Kelas II Samarinda adalah sebagai berikut , Membuat penelitian kemasyarakatan (litmas) untuk bahan sidang diversi maupun peradilan anak, litmas bimbingan dan litmas integrasi, Melakukan registrasi klien pemasyarakatan.

Kemudian  Melakukan bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak, Mengikuti sidang pengadilan anak di Pengadilan Negeri dan sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Memberi bantuan bimbingan kepada bekas narapidana, anak Negara dan klien pemasyarakatan yang memerlukan ,Melakukan urusan tata usaha Balai Pemasyarakatan Kelas II Samarinda.

“Khusus untuk pembinaan keagamaan, kami berharap dapat bekerja sama dengan MUI Samarinda . Upaya ini dilakukan agar ketika warga binaan setelah  bebas, nantinya bisa berkontribusi positif terhadap masyarakat, tidak dianggap  sebagai penjahat,”katanya.

Ketua MUI Samarinda  KH Muhammad Mundzir menyambut hangat Kedatangan jajaran bapas Samarinda . Mantan Ketua NU Samarinda ini mengapresiasi terhadap  segala upaya pembinaan untuk narapidana agar bisa hidup normal dan diterima baik masyarakat.

Menurutnya, MUI  mendukung upaya bapas samarinda dan siap bekerja sama untuk bisa bersama sama membina para penghuni lapas .

“Pokoknya apa yang dibutuhkan Bapas samarinda kami  siap mendukung, MUI samarinda mempunyai tenaga yang profesional, mau yang bahasa Arab, bahasa inggris, mau yang S1 sampai yang doktor MUI siap,”jelas KH Muhammad Mundzir.

Sementara itu Kegiatan silaturahmi dilaksanakan di ruangan Ketua MUI kota Samarinda, Plt. Ka Bapas menyerahkan berupa draft kerjasama kepada Ketua MUI guna pelaksanaan pembimbingan awal dalam hal pembimbingan kepribadian dan mental Klien Bapas Kelas II Samarinda.(Gib)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.