PWNU Kaltim Siapkan Kader Penggerak, 300 Peserta Ikut PD-PKPNU

478

SAMARINDA Amanah Ummat.Com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kaltim menggelar kaderisasi tingkat dasar yang diikuti 300 peserta dari berbagai daerah untuk melahirkan kader-kader penggerak NU di Kalimantan Timur.

Menariknya, sejumlah akademisi dari tiga perguruan tinggi di Samarinda diantaranya, Universitas Mulawarman (Unmul)), Universitas Islam Negeri Sultan Adji Muhammad Idris (UINSI), Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), juga menjadi peserta Pendidikan Dasar pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) yang berlangsung selama 3 hari, sejak Jum’at 22 hingga, Minggu 24 Desember 2023 dini hari di pondok pesantren Nabil Husien, Samarinda.

Beberepa pengurus NU di Kabupaten dan Kota juga mengutus sejumlah peserta mengikuti PD-PKPNU. Mulai dari Berau, Kubar, Kutim, Bontang, Balikpapan, PPU, Paser dan Samarinda.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua PBNU, KH Masyhuri Malik memotivasi peserta yang hadir agar menjadi kader pilihan melalui proses kaderisasi dasar yang diikuti saat ini. Masyhuri juga menitipkan pesan agar peserta setelah menjadi kader penggerak NU agar terus mengawal dan menjadi pioner keberlanjutan organisasi massa terbesar di Indonesia ini.

“Para ulama kita sudah berjuang dan menyelamatkan eksistensi NKRI. Dan para ulama juga sudah mewariskan ajaran Islam yang bisa diterapkan di tanah air. Olehlarenanya, menjaga dan merawat negara sama dengan menjaga dan merawat NU,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua PWNU Kaltim, HM Fauzi A Bahtar mengatakan hadirnya kader-kader penggerak melalui proses kaderisasi akan menjadi semangat baru untuk menjaga tradisi-tradisi keagamaan yang sejak dulu diajarkan oleh para muassis dan pendiri NU.

“Melalui kaderisasi tingkat dasar ini, kita harapkan akan lahir kader penggerak NU yang tetap setia membangun bersama NU di Kaltim,”harapnya.

Ditempat terpisah, Ketua panitia PD-PKPNU, Sularno berharap kegiatan selama 3 hari di Pondok pesantren Nabil Husien berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kami berharap acara ini berjalan dengan lancar. Tentu kami berterimakasih kepada pihak Ponpes Nabil Husien yang telah menjadi tuan rumah PD-PKPNU dan telah menyediakan. Berbagai kebutuhan selama pelaksanaan kegiatan,”tandasnya. (Nu kaltim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.