Edi Damansyah Minta Data Petani-Nelayan Dengan Baik dan Siapkan Regenerasi Petani

686

TENGGARONG Amanah ummat.Com – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah minta KTNA untuk mencatat mendata dengan baik Petani – Nelayan, jangan sampai petani – nelayan tidak tahu apa itu KTNA. Hal tersebut disampaikan ketika melantik pengurus KTNA Sebulu yang diketuai oleh Aspar, Sabtu (30/12/23).

“Saya minta tolong kepengurusan baru bisa mendata dengan baik, jadi apabila ada bantuan tidak terlewat,” ujar Edi yang juga Bupati Kukar itu.

Edi menginginkan KTNA bisa menjadi mitra Pemkab yang produktif.  KTNA Kecamatan agar sering datangi mitra yakni OPD terkait pertanian dalam arti luas, untuk menyuarakan kebutuhan petani-nelayan, sebagai kolaborasi agar pembangunan pertanian dalam arti luas bisa berjalan dengan baik, juga  jalin hubungan dengan Camat, Kades dan RT.

“Jika ada petani tak terurus maka saya merasa berdosa, apalagi Ketua KTNA Kecamatan yang lebih dekat dengan petaninya,” ujarnya.

Edi mengingatkan bahwa Sebulu masuk dalam pembangunan pertanian berbasis kawasan untuk menjadikan  pertanian terpadu. Maka SDM petani-nelayan harus siap, jangan smpai cetak sawah tapi petaninya tidak ada, maksimalkan kerja petani.

Untuk itu Gapoktan harus bisa membina petani pemuda, dan dijadikan kelompok sendiri. Ini untuk regenerasi petani kita,” demikian pesannya. (kk04)

Leave A Reply

Your email address will not be published.