PJ Gubernur Kaltim Tinjau Pemanfaatan lahan Bekas Tambang di Desa Buana

765

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com-Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Desa Buana Jaya Tenggarong Seberang.

Kedatangan Pj Gubernur Akmal Malik disambut Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersama Sekda Kabupaten Kukar Sunggono, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Siti Farisyah Yana, Kepala Pelaksana BPBD Agus Tianur, Camat Tenggarong SeberangTego Yuwono, serta pimpinan PT Jembayan Muara Bara (JMB) di office mining Desa Buana Jaya, Selesa (26/12/2023).

Pj Gubemur Akmal  Malik mengatakan sudah melihat kawasan konsasi PT JMB yang telah dilakukan proses reklamasi bekas lahan tambangnya dijadikan lahan pertanian.”Tadi kita sudah melihat langsung dan bagus semua. Sawah mereka cetak tadi  ada empat setengah hektar, termasuk pengembangan peternakan sapi yang  hampir 400 ekor. Juga menanam buah lengkeng dan hortikultura yang hasilnya bagus,” terangnya.

Menurut Akmal Malik, ini membuktikan pertambangan tidak selalu berkolerasi perusakan lingkungan, sebab kalau ada komitmen dan tanggungjawab perusahaan akan lingkungan tentu hasilnya bagus.
Selain itu, di Desa Buana Jaya terlihat petani yang merupakan warga transmigrasi telah bercocok tanam hortikultura dan menanam sayur seperti Gambas tumbuh subur dan hasilnya bagus.

Akmal menambahkan Kaltim punya potensi untuk ketahanan pangan, selama pemerintah daerah memfasilitasi dan mendukung kegiatan para petani.
Kedepan, ungkap Akmal perlu sinergi dan kolaborasi dengan perguruan tinggi seperti Universitas Mulawarman Samarinda untuk mendorong anak-anak muda agar bertani modern.

“Kita ingin hadir pertanian modern di Kaltim. Orang kan rata-rata malas kotor-kotor, maka kita bertani yang lebih bersih tapi hasilnya bagus,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Desa  Buana Jaya Tenggarong Seberang, Akmal Malik bersama Edi Damansyah serta komunitas menggunakan sepeda motor trail meninjau lolasi pertanian di lokasi eks tambang PT JMB. Dalam kesempatan tersebut PJ Gubernur Juga melakukan panen Gambas, penanaman bawang merah di green house Dusun Pulau Mas Desa Buana Jaya, serta bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Buana Jaya.(mar/yans/adpimprovkaltim)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.