4000 Calon Pekerja di kaltim Akan Dapat Pelatihan di BLKI

Sesuai Visi Misi Gubernur

975

Samarinda Amanah Ummat.Com-Tekat  Pemerintah Provinsi kaltim  untuk mencetak  tenaga kerja yang handal bukan isapan jempol  . Pemprov kaltim melalui BLKI Balikpapan  menetapkan target pelatihan Penaga kerja mencapai  4.000 orang .

Kepala BLKI Balikpapan, Suryaningsih, jelaskan pada 2024 pihaknya akan kembali menyelenggarakan pelatihan, melanjutkan inisiatif yang telah dilakukan pada tahun 2023.

Suryaningsih menjelaskan bahwa jumlah peserta yang akan terlibat dalam pelatihan akan tetap konsisten dengan tahun sebelumnya. Sebanyak 1.040 orang dijadwalkan untuk mengikuti 65 paket pelatihan dari dana APBD Kaltim, sementara 288 peserta akan bergabung dalam 18 paket pelatihan yang didanai oleh APBN.

“Visi-misi gubernur menetapkan target pelatihan bagi 4.000 orang dalam waktu 3 tahun,” ungkapnya.

Suryaningsih juga menyoroti komitmen untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan mampu bersaing, terutama menyikapi kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN).Meskipun minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan sangat tinggi, kuota terbatas memaksa UPTD BLKI Balikpapan untuk melakukan seleksi peserta.

Ia menekankan bahwa program pelatihan ini menarik bagi lulusan SMA dan SMK, namun juga memberikan peluang kepada lulusan SMP, terutama untuk jurusan tertentu seperti pertanian, processing, pariwisata, tata kecantikan, dan refrigeration, yang memiliki fokus pada pengembangan keterampilan wirausaha.

Suryaningsih menegaskan bahwa peserta pelatihan akan mendapatkan sejumlah keuntungan signifikan. Salah satu keuntungan utamanya adalah kemudahan dalam rekrutmen oleh perusahaan, karena peserta telah dibekali dengan keterampilan khusus yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Program pelatihan BLKI Balikpapan tidak hanya menciptakan tenaga kerja terampil, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan ekonomi dan kemajuan karier peserta.

“Kita telah bekerja sama dengan kurang lebih 50 perusahaan, sehingga paska pelatihan sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan,”pungkasnya.

Kepala UPTD BLKI Balikpapan,  Suryaningsih menyampaikan penyelenggaraan program pelatihan ini mengacu pada standar kompetensi kerja.

“Bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat Kaltim, untuk mampu bekerja atau hidup mandiri, sehingga dapat menekan angka pengangguran, serta meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja,” tuturnya.

(ADV/DISNAKERTRANS/Rah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.