Kaltim Dapat Anugrah Naker Award 2023

Ajang Apresiasi Pengusaha dan Tenaga Kerja

1,547

Jakarta Amanah Ummat. Com Naker Award 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menjadi ajang apresiasi bagi pengusaha dan tenaga kerja di tanah air.

Penganugerahan Naker Award 2023 merupakan kolaborasi berbagai unit di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkakan peran dan motivasi, tidak hanya bagi pemberi kerja dan pekerja. Namun juga pemerintah daerah dalam melaksanakan kebijakan dan regulasi di bidang ketenagakerjaan.

Mengutip dari Website Kantor Kominfo Kaltim, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut, perkembangan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia kini terus membaik. Penduduk yang bekerja, kata dia, semakin bertambah. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pun ia klaim, semakin menurun.

“Ini tentunya bukan hasil Kemnaker semata. Melainkan kerja semua stakeholder yang menjadi satu dalam ekosistem pembangunan ketenagakerjaan,” ungkapnya saat menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Acara Naker Award 2023 di Balai Sarbini Jakarta, Jumat (1/12/2023) siang.

Pasca pandemi COVID-19, diakuinya dunia ketenagakerjaan sempat terpuruk. Namun kini perlahan mulai bangkit hingga kembali pulih dan stabil. Pencapaian itu menurut Ida tak terlepas dari kontribusi berbagai pihak. Baik itu perusahaan, tenaga kerja, hingga pemerintah.

“Itulah mengapa Kemnaker perlu memberikan perhatian dan penghargaan khusus terhadap seluruh upaya yang dilakukan kepala daerah, perusahaan, dan para pekerja yang memberikan kontribusi terbaiknya di bidang ketenagakerjaan,” sambungnya.

Ajang penganugerahan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi untuk menjalankan peran yang lebih maksimal dalam pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia. 

Penghargaan Naker Award 2023 adalah penggabungan berbagai penghaargaan di Kemnaker yang biasanya diberikan secara terpisah. Sekurangnya, ada empat kategori penghargaan yang diberikan dalam Naker Award 2023.

Yakni Penghargaan Produktivitas, Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan, Olimpiade Pengupahan Berbasis Produktivitas, dan Kategori Perusahaan Terbaik 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin kepada para penerima dari kalangan perusahaan, kelompok usaha kecil, dan pemerintah daerah tingkat provinsi. (ADV /Disnakerttrasn Kaltim/Gb)

Leave A Reply

Your email address will not be published.