Saya Caleg “CR 7”

Catatan Rizal Effendi

1,314

KAMPANYE Pemilu 2024 sudah mulai berlangsung sejak Selasa (28/11) kemarin. Isi pemberitaaan di layar TV dan media sosial (Medsos) diwarnai kegiatan Capres dan Cawapres. Bersamaan dengan itu, kampanye para caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kota/Kabupaten juga dimulakan. Setidaknya diawali dengan pemasangan baliho dan kampanye melalui media sosial (medsos).

Di Kaltim juga terbentuk tim kemenangan daerah (TKD) dan relawan daerah. Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) dideklarasikan di Pantai Manggar Balikpapan beberapa waktu lalu.  Erwin Timbang terpilih sebagai Koordinator Wilayah OMG. “OMG adalah kumpulan relawan anak muda dan yang berjiwa muda,” tandasnya.

Menurut Erwin, pihaknya siap memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Kaltim. “Kami siap bekerja keras untuk meraih kemenangan capres/cawapres Nomor 3,” tegasnya. Arif Fathoni ditunjuk jadi TKD Ganjar-Mahfud MD di Kaltim. Sedang TKD di Balikpapan diketuai Ustaz Guru Tajang.

Relawan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) di Kaltim juga terbentuk. Bahkan Posko atau Rumah Pemenangannya di Gunung Bakaran Balikpapan, Sabtu (25/11)  malam diresmikan langsung oleh capres Anies Rasyid Baswedan. “Kita harus bekerja keras untuk memenangi pilpres satu putaran,” ajak Anies kepada pendukungnya.

Anies datang ke Balikpapan dengan pesawat khusus. Selain meresmikan Posko AMIN, dia juga menemui nelayan Pantai Manggar dan menghadiri Silatnas Pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan Timur.

Timnas Pemenangan AMIN di Kaltim dipimpin politisi  Harun Al-Rasyid. Sedang sekretarisnya Abrianto Amin dan Bendum Rusdy Dovianto. Gabungan dari Koalisi Perubahan dari Nasdem, PKB dan PKS. Sedang Ketua DPW Kaltim Relawan AMIN adalah Indramawan. Khusus Balikpapan diketuai Munsyir Ali Mandar.

TKD Kaltim Prabowo-Gibran  juga sudah terbentuk. Ketuanya dipimpin Rudi Mas’ud, anggota DPR RI yang juga ketua Golkar Kaltim. Mereka mengawali kampanye, Selasa kemarin dengan membagi-bagikan makan siang gratis dan susu kemasan kepada anak-anak sekolah. Juga sosialisasi penuntasan masalah anak stunting.

“Itu program Prabowo-Gibran untuk menciptakan anak-anak Indonesia Emas di tahun 2045 nanti,” kata Rudi. Dia optimis dengan berbagai program kampanye di Kaltim, TKD Prabowo-Gibran mampu meraih suara terbanyak di daerah ini.

Salah satu isu panas mengawali kampanye nasional berkaitan dengan Kaltim adalah soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). AMIN mengkritik dan cenderung tidak sejalan dengan konsep IKN dari sisi pemerataan, sementara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud tetap akan melanjutkan IKN.

Bagi orang Kaltim termasuk saya IKN harga mati. Saya pernah menulis kalau IKN itu anugerah keempat dari Tuhan kepada daerah ini. Setelah migas, kayu dan hutan serta batu bara. Tapi AMIN memberikan pandangan lain.

Gara-gara garis kebijakan seperti itu, banyak pemilih Kaltim tidak senang. “Banyak orang Kaltim marah,” kata seorang sahabat mengirim WA kepada saya. Dan saya maklum.

Saya baca di Instagram saya, ada yang berkomentar begini.   “Maaf, Pak, kalau di partai ini, saya pilih yang lain aja ya,” kata @sulistiawan. “Wah bukankah koalisi Nasdem, PKS dan PKB menolak IKN di Kaltim. Bagaimana ini?” kata @suryatedi.

Tapi ada juga yang memberikan dukungan tanpa melihat partainya. “Izin, Pak, saya maunya coblos nama Bapak tanpa melihat dari  partai mana Bapak diusung,” bela @huseinafas. Tetap ada yang mendukung AMIN. “Pak Rizal DPR RI-nya, ANIES presidennya,” kata @eki_pranatha96.

Ada juga netizen urang Banjar kontra AMIN. Inya bapander macam ini: “Kalau saja partaix bukan nasdem, ulun gasak tupang ka pian bubuhan paman nai samunyaan tapi nasdem nahaam. Ampun maaf lh…” ujar @sany_parsadha.

Dalam IG  beragam dukungan kepada saya dan istri bertebaran. Mereka juga seru melemparkan berbagai isu. Selain soal IKN,  juga soal Persiba dan MU, Pilwali dan Pilgub serta topik lainnya. Gaya narasinya unik-unik dan menarik untuk dibaca.

Seperti sudah saya sampaikan, saya menjadi caleg DPR RI No 7 dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan (dapil) Kaltim. Istri saya Bunda Arita (lengkapnya Yohana Palupi Arita) menjadi caleg DPRD Kaltim No 3 dengan partai yang sama. Dia mewakili dapil Balikpapan.

“Siap Bapak @rz_effendi58 dan Ibu @arita rizal_Dua tokoh masyarakat yang sudah menjadi teladan dan pengayom…,” ujar @risti8858.

Sejak jadi wali kota sampai sekarang, saya suka menghadiri undangan pernikahan, tasmiyah dan khitanan anak. Saya merasa itu kehormatan dan penghargaan atas undangan tersebut. Karena itu jika tak ada halangan, saya selalu berusaha hadir. Terkadang saya bagi dua sama istri.

Ada yang komentar di IG saya begini. “Sebelum nikah dikasih siraman rohani n dpt nasihat dari Bunda Arita. Begitu resepsi malah didatengin Pak Rizal rela2 hujan deras ke acara saya. Memang sudah wajar semestinya Pak Rizal banyak disukai warga Balikpapan. Gk diragukan lagi nnti suara kami buat Bapak udah,” kata @adetya.r19.

Dukungan  yang dikaitkan dengan kegemaran saya nonton MU dan Persiba juga ramai mewarnai IG saya. “Walaupun presiden pilihan saya beda sm Bapak, tp Insya Allah untuk DPR RI saya pilih Bapak. Krna kita sama2 fans MU,” kata @liurbaongyudha.

Ada yang menafsirkan CR 7 bukan hanya Cristian Ronaldo dengan nomor punggung 7. Tapi juga bisa menjadi singkatan atau akronim buat saya. CR 7 artinya Caleg Rizal Effendi No 7. “Insyaallah ya Pak langkah terbaik untuk mewakili Kaltim di DPR RI. Semangat dan ikhtiar Pak. Btw idola saya CR 7 Pak memang pas. Ini mantap nomornya,” kata @iamsyedmohend.

Yang unik komen para pencinta Persiba. Mungkin dari Balistik. Dia bilang begini. “Saya bakal dukung Pak asal kembalikan Persiba lagi ke liga 1,” kata @muhammadvalenntinoo. “Saya slalu dukung Bpk, seperti saya slalu mendukung Persiba,” begitu dari @ira_novianti. “Sehat selalu Pak yg penting jngn lupa Persiba kalau sudah naik,” pesan @sa.ran7852. “Pencinta Persiba pasti pilih lah,” tandas @n1sultan_kelob. “Semangat Pak, dilancarkan segalanya. Sampai bertemu di tribun selatan lagi pak,” kata @uchimalisa_18.

Komentar lain ada yang mengaitkan dengan pemilihan kepala daerah. Malah ada yang mengusulkan agar saya ikut Pilwali lagi. “Siap…sy sllu dukung bpk tp knp bpk ga calonkan diri jd walkot lg pak??,” tanya @mayaanwar2019. “Ulun titip akan Balikpapan kepada fian, sampai ketemu di kotak suara,” kata @suryaatmadjaya. “Pengennya bapak jd walkot lagi,” tandas @tomaz_tuluz. “Tanpa disuruh saya pasti pilih Bapak, jangankan caleg kalau calonin lg jd walikota pun saya pasti pilih Pak Rizal,” beber @olive_oyl6852.

Juga ada nitizen yang mendorong saya ikut Pilgub. “Kirain maju jadi Calon Gubernur pak…its ok lah maju terus pak semoga berhasil,” tulis @hermawanalfacino. “In shaa Allah umur panjang, lanjut gub ya pak?” ujar @okino_benq. “Bapak itu role model leader yg cakap lanjutkan pak sampai KT1,” kata @adesurf.

Warga yang satu ini komennya unik juga. “Mantap pak. Kemarin lihat pak rizal nobar pakai jaket timnas Indonesia, ntr klo kepilih banyakin kuota beasiswa utk Balikpapan ya pak terima kasih,” kata @reeindah_sulivans.

Ada yang mengaku suka mengkritik saya ketika saya jadi wali kota. “Walaupun semasa bapak menjabat  sbg Walikota saya sering mengkritik. Tapi rasanya niatan tulus dan usaha Bapak patut mendapatkan dukungan,” tulis @hardi.nf. “Gass pak, tolong pak klau bpk sdh terpilih naikkan ump kaltim khususx Balikpapan pak apa apa mahal pak di bpn parkir aja 2 ribu pak seribu ditolak pak,” pesan nacun_mumin.

Hari pertama kampanye, saya manfaatkan bertemu warga. Saya bersama Mohammad Salahuddin, caleg Nasdem No 3 untuk DPRD Balikpapan dapil Balikpapan Tengah sempat mengunjungi Abdul Basit, pekerja RDMP mengalami kecelakaan di jalan. Rumahnya persis di samping proyek RDMP. Pas lagi hujan lebat. Saya juga bertemu Bu Aminah, Bu RT yang juga pekerja sosial. Sementara istri saya, kampanye lewat mengajari ibu-ibu membuat piza dan ikut kegiatan pengajian dan pertemuan.

Sepertinya warga yang satu ini  mengantisipasi kemungkinan adanya indikasi tekanan atau intimidasi untuk memilih caleg dan partai tertentu. Makanya dia tulis begini. “Tenang pak….Diam2 insyaallah nanti masyarakat bpn pada milih bapak….Semoga sukses pak dan sehat selalu,” kata @anggprawitra.

“Bapak sama ibu ini orangx baik dan sangat ramah ingat dulu lomba senam di aula rumah dinas bapak ibu arita ksih sambutan sambil gendong cucunya karena cucunya gak mau lepas habis operasi…Sehat trus bapak dan ibu,” pesan ramah dari @seftiani_erlin.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.