60 KK Warga Trasmigran di Paser Terus Dapat Pembinaan Dari Disnakertrans Kaltim

412

SAMARINDA Amanah ummat.Com – Kawasan Transmigrasi Desa Kerang, Kabupaten Paser sebanyak 60 Kepala Keluarga akan mendapatkan pembinaan-pembinaan untuk kelangsungan hidup. Baik pendampingan pemasaran produk hingga pengolahan produk dan melalui pendampingan kelompok tani.

Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, Hasan sebut pihaknya telah melakukan pembinaan kewirausahaan berbahan dasar hasil panen. Misal mengolah Buah Naga menjadi kripik untuk dijual atau menjadi cemilan.

Tidak hanya itu, pihaknya telah melakukan pembinaan pertanian, mencakup cara bercocok yang tepat dan cara memilih komoditas yang cocok. Dalam melakukan pembinaan, pihaknya juga bergantung pada APBD Provinsi Kalimantan Timur. Namun sangat terbatas, sehingga pembinaan masih minim dilakukan.

“Kendalanya memang berkaitan dengan anggran yang terbatas,”ungkapnya.

Hasan menjelaskan para transmigran yang berada di Desa Kerang, mayoritas berasal dari Banten dan membawa salah satu komoditas keladi bening yang dapat diolah menjadi rokok. Para transmigran mengajukan pengadaan mesin pencacah untuk memproduksi rokok, namun pihaknya masih belum dapat memberikan dikarenakan pendanaan yang terbatas.

Padahal komodiitas ini dapat menjadi terobosan baru dan khas Kalimantan Timur. Namun sangat disayangkan anggaran yang terbatas mengakibatkan pengadaan alat dan bahan yang diperlukan para transmigran harus dikesampingkan dahulu. Pihaknya tetap mengusahakan, terutama pengajuan melalui kelompok-kelompok tani.

“Memang masalahnya anggaran kita terbatas, kalau anggarannya ada kami dapat ajukan pengadaannnya,”pungkasnya.(Adv/Disnakertrasn Kaltim/Ria)

Leave A Reply

Your email address will not be published.