Samri : Pengolaan Wisata Maksimal Bisa Dongkrak PAD

308

SAMARINDA. Amanah Ummat.com – Kota Samarinda yang merupakan ibukota Provinsi Kaltim, banyak memiliki potensi pariwisata yang memadai. Namun semuanya belum digarap secara maksimal oleh Pemkot Samarinda.

“Jika potensi itu dimaksimalkan, tentukan bakal mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kami berharap, Pemkot memperhatikan hal ini, sehingga pendapatan daerah terus bertambah ke depannya,” kata Wakil ketua Komisi III DPRD Samarinda Samri Shaputra.

Dikatakan, wisata bisa mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih lagi, Samarinda punya potensi yang cukup besar. Jika dikelola dengan baik, tentunya bisa meningkatkan PAD di masa mendatang.

Dirinya juga menyayangkan banyaknya potensi wisata yang tidak dikembangkan sehingga Samarinda kalah dengan daerah lainnya. Untuk itu, dia meminta kepada Pemkot dalam hal ini Dinas Pariwisata, untuk bisa lebih memaksimalkan potensi tersebut dengan baik.

“Samarinda ini tidak kekurangan objek wisata jika dibandingkan dengan daerah lain, padahal banyak potensi-potensi yang bisa dijual,” ujar Samri.

Dia menyebutkan, Samarinda memiliki susur Sungai Mahakam yang merupakan wisata unggulan dan memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih bagi orang luar menjadi menarik sekali.

“Susur Sungai Mahakam itu sebenarnya bisa kita jual dan Samarinda ini punya potensi pariwisata untuk meningkatkan PAD,” jelasnya.

Namun untuk merealisasikannya, Samri menegaskan pentingnya peran dan kehadiran pemerintah dalam hal ini Pemkot dan dinas terkait agar memberikan perhatian yang serius bagi dunia pariwisata yang ada di Samarinda.

Samri menilai banyak potensi yang dikembangkan untuk mendukung perekonomian daerah seperti Kampung Ketupat yang ada di Samarinda Seberang, Cagar Budaya yakni Rumah Tua, Masjid Tua, dan Kampung Tenun.

“Potensi sektor pariwisata itu sangat besar sebenarnya asal pemerintahnya betul-betul serius memperhatikan sektor ini maka PAD kita bisa meledak gitu. Nah saatnya Samarinda ini memperhatikan sektor-sektor wisata itu,” tegasnya. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.