Markaca : Musim Hujan, Pohon Tua harus Diperhatikan

355

SAMARINDA. Amanah Ummat.com. – Menjelang musim hujan seperti sekarang ini, memerlukan perhatian serius bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Terutama pohon tua yang ada di pinggir jalan, harus ditangani atau ditebang, jangan sampai mencelakai masyarakat atau pengguna jalan.

Hal iu diungkapkan anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca. Dia mengaku prihatin, lantaran terjadi insiden pohon tumbang di musim hujan. Untuk itu, dia mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengambil langkah-langkah penanganan yang efektif.

Markaca menjelaskan, tanggung jawab untuk mengatasi masalah ini seharusnya menjadi fokus bagi petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ia meminta DLH untuk selalu sigap dan responsif dalam menangani masalah pohon tumbang ataupun pohon besar yang berkemungkinan membahayakan pengguna jalan.

“Apalagi kasus pohon tumbang itu sudah berulang kali terjadi di Kota Samarinda bahkan ada yang menjadi korban hingga meninggal dunia, itulah sebabnya DLH harus segera mengatasi, jangan dibiarkan begitu saja,” tandas Markaca, Rabu (29/11/2023).

Pohon yang tumbang bukan hanya menjadi masalah estetika, tetapi juga mengancam keselamatan masyarakat dan pengguna jalan. Tindakan pencegahan yang efektif dan pemeliharaan yang tepat sangat penting untuk meminimalkan risiko pohon tumbang.

Markaca berharap agar OPD terkait, terutama DLH, dapat bekerja sama secara efisien untuk mengatasi masalah ini dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi penduduk.

Kehadiran pohon yang sehat dan kuat adalah aset berharga yang harus dijaga, sambil memastikan keselamatan warga dan pengguna jalan tetap menjadi prioritas utama. (adv/intan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.