Kurangi Pengangguran, Kebutuhan Tenaga Kerja dan ketersediaan Harus Seimbang

173

SAMARINDA. Amanah Ummat.com. – Salah satu faktor penyebab tingginya angka pengangguran adalah ketimpangan antara kebutuhan lapangan pekerjaan dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Jumlah lulusan universitas yang keluar setiap tahunnya semakin meningkat, sementara jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding.

“Antara kebutuhan sama pekerjaan harus seimbang ketersediaannya. SDM nya juga harus memadai tapi kebutuhan SDM kita banyak, sedangkan lapangan pekerjaan sedikit,” kata Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti.

Dikatakan, hal tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya kasus kemiskinan dan pengangguran di Kota Tepian masih terbilang tinggi. Hal ini terlihat dari angka kemiskinan yang masih berada di kisaran 5,6 persen, sedangkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 7,7 persen.

Puji menilai, pelaksanaan job fair merupakan langkah yang baik untuk meminimalisir pengangguran. Namun, solusi jangka panjangnya mungkin juga mencakup upaya mengembangkan ekonomi lokal. Antara lian melatih keterampilan, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru agar situasi kemiskinan dapat diatasi secara berkelanjutan.

“Tentu saja kita juga menerima tenaga kerja dari luar daerah. Ini jadi PR buat kita juga. Kalau menurut saya job fair itu efektif meminimalisir pengangguran,” tuturnya.

Puji juga menekankan pentingnya koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta, untuk merumuskan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan peluang kerja bagi warga Samarinda. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.