Sani Bin Husain: Pendidikan Politik Penting untuk Pemilu 2024

51

SAMARINDA – Menjelang Pemilu Serentak tahun 2024, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sani Bin Husain, menilai pendidikan politik perlu terus digalakkan.

Menurutnya`, Pendidikan pemilih penting karena beberapa alasan yaitu Meningkatkan partisipasi pemilih. Kesadaran tentang pentingnya penggunaan suara dalam pemilu dilakukan secara intensif dan luas sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat. Meningkatkan kualitas partisipasi pemilih.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menekankan pentingnya pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam berpolitik.

“Pendidikan politik penting untuk membangun masyarakat yang paham tentang hak dan kewajiban mereka dalam menyuarakan aspirasi publik,” ujar Sani.

Menurut Sani, pendidikan politik dapat menjadi sarana untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan berpolitik secara bijaksana. Ia menilai, masyarakat yang cerdas dalam berpolitik akan mampu berpartisipasi secara aktif dalam Pemilu dan memilih pemimpin yang berkualitas.

Selain itu, Sani juga menekankan pentingnya pendidikan politik untuk menumbuhkan budaya politik yang santun dan beretika. Ia menilai, politik yang santun dan beretika merupakan kunci untuk menjaga demokrasi yang sehat.

“Pendidikan politik perlu menekankan pentingnya budaya politik yang santun dan beretika. Politik haruslah menjadi sarana untuk membangun bangsa, bukan justru memecah belah,” tegasnya.

Sani juga mengatakan bahwa pendidikan politik harus mencakup pemahaman masyarakat terhadap prinsip dasar demokrasi, nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, dan landasan negara, Pancasila.

Menurutnya, pendidikan politik bertujuan untuk membentuk masyarakat yang paham dan menghormati nilai-nilai Pancasila, serta menjalankan demokrasi yang sejalan dengan nilai-nilai tersebut.

,” tandasnya.(Adv/DPRDSamarinda/N)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.