Pemkot Diminta Berikan Pembinaan dan Pelatihan Pelaku UMKM

61

SAMARINDA. Amanah Ummat.com – Guna meningkatkan kualita bagi pelaku Usaha  Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kota (Pemkot) diminta melakukan pelatihan dan pendampingan.  Hal ini untuk meningkatkan pengetahuan, skill, dan kreatifitas pelaku UMKM tersebut.

“Jika pelaku UMKM memiliki kualitas dan pengalaman, diharapkan produk-produknya bisa bersaing dengan pengusaha besar. Salah satu targetnya bisa masuk di pasar modern maupun tradisional,” kata anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Laila Fatihah.

Dia meminta kepada instansi teknisnay, selalu memonitor dan melakukan pembinaan serta pelatihan terhadap pelaku UMKM di daerah ini.  Siapa tau bisa jadi snack box untuk di DPRD Samarinda, bisanya kan ada di ruangan-ruangan kami,” ujar Laila, Senin (27/11/2023).

Selain itu, Laila juga menekankan pentingnya standarisasi produk bagi UMKM. Menurutnya, melalui pelatihan bertahap, pelaku UMKM akan diajarkan tentang standar produk, mutu, dan kemasan yang harus diikuti.

“Jadi setelah pelatihan, produk-produk akan disaring untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat-syarat tertentu dalam produknya,” bebernya.

Laila juga menjelaskan bahwa peningkatan ini juga melibatkan aspek sertifikasi produk halal dan izin dari BPOM. Para pelaku UMKM nantinya akan mendapatkan bimbingan dan pengetahuan untuk memenuhi persyaratan tersebut.

“Para pelaku UMKM nantinya akan mendapatkan bimbingan dan pengetahuan untuk memenuhi persyaratan tersebut. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.