Pemkot Didesak Perketat Pengawasan Izin Buka Lahan

124

SAMARINDA. Amanah Ummat.com. – Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk memperkuat pengawasan perizinan pembukaan lahan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang tidak diduga, seperti penggalian batubara berkedok pematangan lahan.

Novan mengatakan, pihaknya telah menemukan sejumlah kasus penggalian ilegal berkedok pematangan lahan di sejumlah kawasan di Samarinda. Pada sejumlah kunjungan lapangan yang dilakukannya bersama dengan Komisi III DPRD Samarinda, kerap ditemukan lubang galian yang disinyalir merupakan galian untuk aktivitas pertambangan batu bara.

“Jadi apapun aktivitas pematangan lahan itu harus ada izinnya. Izin yang mereka urus, harus disesuaikan dengan tujuan, dan bagaimana implementasi kegiatan mereka di lapangan,” bebernya.  Selasa (28/11/2023).

Ia menjelaskan, jika memang kegiatan tersebut tak mengantongi izin apapun dari OPD terkait, maka mau tak mau seluruh kegiatan harus dihentikan sampai proses perizinannya selesai diurus. Dokumen perizinan menurutnya adalah hal yang wajib dimiliki pengelola lahan, lantaran berkaitan dengan kajian terhadap dampak yang bisa ditimbulkan pada lingkungan sekitar.

“Sudah jelas aturannya, kalau memang ada pembukaan lahan, ada lahan yang dimanfaatkan harus ada izinnya,” tegas Novan. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.