Novan: Sampah Jadi PR Besar DLH Samarinda Menjelang IKN

85

SAMARINDA. Amanah Ummat.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda dituntut untuk mampu menangani permasalahan sampah yang masih menjadi PR besar. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda Mohammad Novan Syahronny Pasie.

Menurut Novan, permasalahan sampah di Samarinda akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan dan mobilisasi penduduk. Hal ini dikarenakan Samarinda akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pemkot Samarinda melalui DLH harusnya bisa bersiap diri karena kita ini akan menjadi penyangga IKN. Artinya kedepan akan terjadi lonjakan karena bertambahnya penduduk,” kata Novan. Senin (27/11/2023).

Untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, DLH Samarinda harus memiliki strategi dan inovasi yang tepat. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat terkait pengolahan dan pemilihan sampah yang tepat juga harus dilakukan.

“Masyarakat diberikan sosialisasi bagaimana untuk pengolahan dan peminihan sampah organik, anorganik dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3),” tegas Novan.

Dengan pengetahuan yang diberikan tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban DLH itu sendiri dalam pengolahan dan pengangkutan sampah.

“Termasuk juga dengan menggencarkan program daur ulang yang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi pada sampah itu sendiri,” terang Novan.

Sejauh ini, Novan masih melihat tindakan nyata dari DLH dalam pengelolaan sampah belum begitu maksimal. Ia pun meminta agar masyarakat dapat mendukung dan melibatkan diri demi terwujudnya program Samarinda Zero Waste (SZW) dengan target awal pelaksanaan 2024.

“Hingga hari ini, kita belum melakukan tindakan nyata dalam menangani sampah ini. Pengaplikasiannya harus sudah bisa terlihat dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan,” kata Novan. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.