Novan: Pemkot Samarinda Harus Perkuat Upaya Antisipasi Banjir

96

SAMARINDA. Amanah Ummat.com. – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda diminta untuk memperkuat upaya antisipasi banjir, terutama saat air Sungai Mahakam naik. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie.

Novan mengatakan, pembangunan drainase yang saat ini dilakukan Pemkot Samarinda tidak akan berpengaruh apa-apa apabila air di Sungai Mahakam naik yang disebabkan pasangnya air laut. Oleh karena itu, ia mendorong agar Pemkot melakukan koordinasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR untuk membangun pintu air.

“Pintu air tersebut nantinya bisa digunakan untuk menutup akses masuknya air dari Sungai Mahakam ke anak-anak sungai. Hal ini akan sangat efektif dalam penanggulangan banjir saat pasang,” kata Novan, Senin (27/11/2023).

Ia juga menyinggung terkait masalah sosial seperti pembebasan lahan yang menjadi tupoksi dari Dinas PUPR Kota Samarinda bisa tuntas di tahun 2023, terutama permukiman di Bantaran Sungai di Jalan AM Sangaji sampai jembatan Gatot Subroto hingga ke Jalan Tarmidi.

Menurutnya, penyelesaian pembebasan lahan di bantaran Sungai Karang Mumus terbukti efektif dalam mengurangi debit air banjir. Sebab akan mempercepat pekerjaan penurapan oleh BWS Kementerian PUPR.

“Kalau rumah-rumah di bantaran Sungai Karang Mumus sudah ditertibkan, maka Pemkot bisa melakukan normalisasi sungai dan pelebaran agar volume air bisa diserap maksimal hanya dari sungai,” bebernya.

Novan berharap, di tahun 2024 Pemkot Samarinda dapat membangun pintu air untuk menutup akses masuknya air melalui anak-anak sungai.(adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.