Meski Sudah Proleh KLA, Samarina Masih Perlu Berbenah

49

SAMARINDA. Amanah ummat.com –  Meski Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  sudah memperoleh gelar Kota Layak Anak (KLA), namun masih banyak yang perlu terus dibenahi. Salah satunya terkait masalah pendidikan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti, menanggapi terkait KLA di Samarinda.  Menurutnya, masih banyak hal yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota yang ramah anak. Salah satunya adalah pendidikan.

“Kalau kita bicara strategi atau standar dari kota layak anak kita belum, di lihat dari kondisi kehidupan masyarakat Samarinda, apalagi pendidikannya masih ada anak yang putus sekolah,” ujar Puji, Selasa (28/11/2023).

Puji mengungkapkan, bahwa saat ini sudah ada upaya untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota layak anak. Namun, upaya tersebut belum optimal.

“Pemerintah harus berkomitmen untuk mewujudkan kota layak anak, dan juga bagaimana orang tua berkomitmen untuk menciptakan sebuah rumah yang nyaman untuk anak,” tuturnya.

Lebih lanjut, Puji juga menyoroti masalah bullying yang bisa berpengaruh terhadap penilaian Samarinda sebagai kota layak anak.

“Bullying ini bukan terjadi hanya di Samarinda tetapi hampir di seluruh Indonesia, bullying tidak bisa dibiarkan begitu saja, kita harus ada upaya untuk mencegah dan menanganinya,” pungkasnya.

Politikus Partai Demokrat ini berharap, semua pihak, termasuk pemerintah, orang tua, dan masyarakat, bisa berkomitmen bersama untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota layak anak.

“Pemkot, orang tua, dan masyarakat harus bersinergi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat terciptanya Samarinda sebagai kota layak anak,” harapnya. (adv/N)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.