DPRD Samarinda Tekan Pemasangan LPJU Demi Keamanan Jalan Kota

236

SAMARINDA – Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahronny Pasie, mengungkapkan dorongannya untuk Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda agar memprioritaskan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di wilayah kota.

Menurutnya, pemasangan LPJU merupakan langkah yang mendesak dan harus diambil segera. Pasalnya, di Kota Samarinda masih banyak titik jalan yang belum memiliki pencahayaan yang memadai, dan jika tindakan tidak segera diambil, dikhawatirkan akan menimbulkan risiko kecelakaan dan bahkan korban jiwa.

Kawasan Ringroad memerlukan ratusan titik LPJU agar jalanan dapat diterangi dengan baik. Saat ini, masih ada sekitar 3000 titik yang membutuhkan penerangan jalan. Namun, Novan juga mencatat bahwa di kawasan permukiman, pemasangan LPJU sudah cukup merata dan dapat dilakukan melalui swadaya.

“Untuk kawasan pemukiman bisa swadaya, sementara di (jalur) protokol itu ya harus kita sebagai pemerintah,” ujar Novan, Senin (27/11/2023).

Novan berharap bahwa dukungan yang diberikan oleh pihaknya akan mendorong Dinas Perhubungan Kota Samarinda untuk memaksimalkan pengadaan dan pemasangan LPJU.

Terutama dengan memperhatikan alokasi anggaran yang telah dialokasikan untuk tujuan tersebut. Penerangan jalan yang memadai akan meningkatkan keamanan pengguna jalan dan kualitas hidup warga Kota Samarinda secara keseluruhan. (adv/intan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.