Disdikbud Diminta Berikan Penanaman Nilai Pancasila terhadap Generasi Muda

68

SAMARINDA. Amanah Ummat.com. –  Guna membentuk jiwa patriotik generasi muda di daerah ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda diminta proaktif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris  Komisi IV DPRD Samarinda Deni Hakim Anwar, terkiat era saat ini, di mana gejolak geopolitik dunia dapat berubah dengan cepat. Sehingga generasi muda perlu diberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa kurikulum pendidikan yang mencakup mata pelajaran seperti PMP (Pendidikan Moral Pancasila), PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), dan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), di sekolah tentunya juga memiliki peran dalam membangun cinta terhadap negara.

“Artinya harus ada satu metodologi yang digunakan oleh pemerintah, agar anak-anak ataupun generasi muda kita itu cinta kepada negara,” jelas Deni, Selasa (28/11/2023).

Politikus Partai Gerindra itu juga menekankan, Disdikbud memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak muda. Hal ini dapat dilakukan melalui kurikulum pendidikan, kegiatan ekstrakurikuler, maupun kegiatan lainnya.

“Kalau bisa lebih digalakkan di masa depan, kegiatan-kegiatan yang menumbuh kembangkan cinta terhadap negara digencarkan lagi,” ujarnya.

Deni juga mendorong pihak sekolah untuk lebih aktif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti menyanyikan lagu kebangsaan, upacara bendera, dan sebagainya.

“Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak muda, kita dapat menciptakan generasi muda yang cinta tanah air dan berjiwa patriotik,” kata Deni. (adv/N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.