Muara Jawa Kaya Sumberdaya Alam siap dukung IKN

436

Muara Jawa, AMANAH UMMAT.Com- – Kecamatan Muara Jawa yang berlokasi di kawasan pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sangat siap menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) pindah dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), karena beragam sumber daya alam yang dimiliki oleh kawasan ini.

“Banyak sumber daya yang dimiliki di Muara Jawa, banyak kekayaan di berbagai sektor seperti minyak, gas, batu bara, kemudian ada peternakan, perkebunan, dan perikanan yang juga hasilnya sangat banyak,” kata Camat Muara Jawa Safruddin Jumat (10/11).

Semua sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui tersebut, selama ini secara umum mampu membuat masyarakat setempat hidup berkecukupan, sehingga warga pun siap menyambut kahadiran IKN.

Terkait dengan kesiapan menyongsong pindahnya IKN, tentu sumber daya yang diandalkan bukan sumber daya yang tidak dapat diperbarui seperti migas dan batu bara, namun yang akan ditonjolkan pihaknya adalah SDM dan dari sektor pertanian dalam arti luas.

Ini karena semua sumber daya yang dapat diperbarui tersebut memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan, terutama pertanian tanaman pangan, perkebunan, hingga perikanan yang menjadi andalan bagi nelayan setempat.

Sedangkan untuk mendukungnya, maka salah satu yang ia harapkan adalah perbaikan infrastruktur jalan usaha tani, karena dengan adanya akses yang nyaman, maka diyakini angkutan produksi pertanian akan lebih mudah dan cepat.

“Kami juga beberapa kali memberikan bantuan kepada petani, peternak, dan pembudidaya ikan untuk pemenuhan kebutuhan mereka. Termasuk ada pula bantuan dari Pemkab Kukar,” katanya.

Safruddin berharap dengan berbagai potensi dan dukungan yang terus pihaknya lakukan kepada petani dan nelayan, maka dapat menjadi pengaruh bagi pengembangan berbagai sektor usaha di Kecamatan Muara Jawa.

“Harapan kami adalah semua potensi di sini bisa benar-benar berkembang sebab posisi Muara Jawa juga masuk bagian dari IKN karena memang sangat dekat setelah Samboja, sehingga kami siap menjadi penyangga IKN,” katanya.

Ketika penduduk IKN bertambah yang dimulai dari tahun 2024, katanya, maka Muara Jawa siap menjadi salah satu kawasan yang menjadi penopang untuk kebutuhan pangan bagi warga IKN, baik untuk suplai bahan pangan berupa buah, hortikultura, bahan makanan pokok, termasuk perikanan,” ujar Safruddin. (Adv/ Diskominfo Kukar/gp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.