Proyek Sodetan di loajanan Diharapkan Bisa Rampubg Tahun ini

343

SAMARINDA  Amanah ummat.Com– Pemerintah Kota Samarinda (Pemkot) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah menjalin kolaborasi penting untuk membangun Sodetan sebagai penghubung sistem perairan di kawasan Kecamatan Loa Janan Ilir dan Kelurahan Rapak Dalam.

Proyek Sodetan ini bertujuan untuk mengalihkan aliran air banjir, dengan tujuan mengurangi debit banjir di daerah yang dilindungi, termasuk Perumahan Haji Saleh, Jalan HM Rifadin, dan sekitarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Samri Shaputra, menjelaskan bahwa Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltim akan bertanggung jawab atas pengerjaan fisik proyek ini, sementara dampak sosial yang terkait dengan ganti rugi lahan akan ditangani oleh Dinas PUPR Samarinda.

Samri menyampaikan bahwa salah satu kendala dalam proyek saluran ini selama beberapa tahun terakhir adalah masalah pengadaan lahan. Untuk mengatasi hal ini, sekitar 5-10 rumah tinggal akan mendapatkan kompensasi.

Detail proyek mencakup penggunaan beton pracetak (Box Culvert) dengan panjang 11 meter, lebar 6 meter, dan tebal 20 sentimeter, serta mutu beton K-300. Selain itu, proyek ini juga mencakup pembangunan dinding penahan tanah sepanjang 120 meter.

Proyek ini direncanakan akan selesai dalam tahun ini dan akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Timur tahun 2023, dengan total dana sekitar Rp 3 miliar.

“Nantinya tidak akan ada masalah air balik (backwater), melainkan aliran air akan langsung menuju Sungai Loa Janan yang berhubungan dengan Sungai Mahakam. Kami berharap dampak dari proyek ini dapat terlihat pada Desember 2023,” jelas Samri pada Senin (09/10/2023).

Ia berharap bahwa proyek ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam mengendalikan banjir di daerah tersebut.

“Dengan adanya kolaborasi ini, semoga mampu mengurangi dampak banjir di daerah Loa Janan Ilir ini, serta wilayah lainnya, termasuk arah pembuangan di Jalan HM Rifaddin, terutama menuju IAIN,” tutupnya.9Adv DPRD Kota Samaroinda/hl)

Leave A Reply

Your email address will not be published.