Perluasan Tenaga Kerja Berbasis Komunitas, Harap Sistem Kerja Berkelanjutan

185

SAMARINDA Amanah Ummat.Com – Upaya pengurangan angka pengangguran terbuka yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Timur salah satunya dengan memperkuat juga pelatihan dibidang komunitas. Seperti pelatihan Barista dan menjahit, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan perluasan tenaga kerja.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, Disnakertrans Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Abduh menjelaskan pihaknya bukan hanya melatih kemampuan atau peninkatan skill saja. Namun pihaknya  juga akan memberikan pelatihan kemampuan manajerial wirausaha. Dampaknya akan berkelanjutan dan bertahan lebih lama.

Kabid Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Prov. Kaltim, Muhammad Abduh /foto istimewa

Abduh jelaskan pihaknya akan memberikan pelatihan berbagai bidang, termasuk manajerial dan juga pelatihan akuntansi untuk mempertahankan usahanya. Nantinya hal ini juga akan berpengaruh pada perbantuan modal yang akan dilakukan lintas sektor dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM.

“Jadi sistemnya akan kontinyu, bukan bersifat sementara saja,”ungkapnya.

Ia menyontohkan pada sektor tekstil, belum ada secara spesifik pengembangan produktivitas di sektor ini. Masih sangat minim produsen tekstil dari Kalimantan Timur. Pihaknya akan melakukan peningkatan produktivitas melalui pemberian motivasi dan mempertemukan para penggiat usaha tekstil untuk berbagi cara mengembangkan usahanya.

Begitu pun, para barista yang membangun usaha di bidang perkopian dan mulai menjamur. Usaha ini berbasis pada penguatan komunitas para peracik kopi dan komunitas pencinta kopi. Maka pihaknya akan mengusahakan pelatihan manajerial untuk mempertahankan dan memajukan komunitas ini agar berkelanjutan. Sehingga tidak bersifat musiman saja.

“Peningkatan-peningkatan soft skill ini sangat dibutuhkan, bukan hanya tentang pemagangan langsung tempat kerja tetapi juga perihal peningkatan produktivitas usaha berbasis komunitas,”pungkasnya.

(Adv/Disnakertrans Kaltim/Ria)

Leave A Reply

Your email address will not be published.