Disnakertrans Tekankan BLKI Harus Memiliki Kerja Sama Dengan Berbagai Perusahaan Sebelum Laksanakan Pelatihan Kerja

198

SAMARINDA Amanah Ummat.Com- – Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Tenaga kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Abduh sebut Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Balikpapan terus menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.  Hal ini dibuktikan para pencari tenaga kerja yang  mendaftar dan telah lulus pelatihan kerap kali langsung di rekrut oleh perusahaan-perusahaan besar.

“Bahkan kerap kali ada perusahaan yang ingin mengambil semua lulusan BLKI Kota Balikpapan, namun ya tidak boleh karena harus rata dan tidak boleh di monopoli,”ungkapnya.

Abduh jelaskan pihaknya yakin hasil pelatihan yang diselenggarakan oleh BLKI Kota Balikpapan dan Kota Bontang memiliki kualitas yang bagus. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya permintaan tenaga kerja lulusan BLKI tersebut. Bahkan terdapat beberapa perusahaan yang ingin mengambil seluruh tenaga kerja yang telah lulus dari BLKI.

Ia jelaskan perusahaan juga tidak diperbolehkan mengambil semua lulusan dari BLKI secara menyeluruh. Hal ini akan berdampak pada tidak seimbangan kebutuhan pekerja di perusahaan sejenisnya, dalam hal ini pertambangan. Sehingga harus diatur dan disebar di beberapa perusahaan yang terikat.

“Kadang-kadang di monopoli, kalau lulus 16 orang kadang mau diambil semua, nanti tidak berimbang,”jelasnya.

Abduh menekankan pada pelatihan di BLKI Kota Balikpapan dan Kota Bontang untuk sebelum melakukan penjaraingan pelatihan tenaga kerja harus memiliki kesepakatan dengan beberapa perusahaan. Jika tidak memiliki maka sebaiknya tidak melaksanakan pelatihan dahulu, harapannya metode ini akan lebih efisien dan efektif dalam penyelenggaraannya. (Adv/Disnakertrans Kaltim/Ria)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.