BKLI Andalan Ciptakan Tenaga Kerja Di kaltim

272

SAMARINDA Amanah Ummat.Com – Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Abduh jelaskan Balai Latihan Tenaga Kerja Industrial (BLKI) memiliki peran untuk peningkatan kompetensi angkatan kerja sesuai dengan kebutuhan daerah. Begitu pun dalam melaksanakan job fair, pihaknya berperan melakukan koordinasi dengan kabupaten dan kota setempat. Pelaksananya harus diambil oleh kabupaten dan kota setempat.

Abduh jelaskan jumlah pengangguran terbuka antara Kota Balikpapan dan Kota Bontang memiliki angka TPT tertinggi. Padahal daerah tersebut memiliki BLKI yang hasilnya juga sangat diperhitungkan oleh para penyedia kerja. Terlebih kedua kota tersebut merupakan kota industri.

Ia jelaskan angka ini merupakan sampel yang berkaitan dengan tingginya lalu lintas penduduk yang juga tinggi. Jumlah peningkatan penduduk dan jumlah penempatan tenaga kerja, jauh lebih tinggi peningkatan  jumlah penduduk. Maka hal ini sangat berdampak pada hasil survey yang merupakan sampel.

“Jadi sangat berdampak, padahal bisa saja bukan penduduk asli namun karena kota industri jadi hilir mudik penduduknya juga tinggi,”ungkapnya.

Muhammad Abduh, Kabid Transmigrasi Disnakertrans Provinsi Kaltim.(foto : 1st)

Menambahkan, Kepala Disnaker Kota Balikpapan, Ani Mufidah membenarkan pada hasil survey angka pengangguran terbuka yang dilakukan BPS merupakan sampel. Sedangkan survey yang dilakukan hanya pada para calon pekerja yang ingin melamar dan bukan penduduk asli Kota Balikpapan. Terlebih Kota Balikpapan sendiri merupakan perlintasan dari beberapa Kabupaten dan Kota di sekitarnya.

“Belum tentu itu orang balikpapan, jika pencari kerja yang mendaftar memakai kartu kuning 95 persennya penduduk asli,”tutupnya.

(Adv/Disnakertrans  Kaltim/R)

Leave A Reply

Your email address will not be published.