Peran Pengusaha Untuk perekonomian Daerah Sangat besar

202

SAMARINDA Amanah Ummat.Com – Pada pendampingan pengembangan tenaga kerja dan perluasan lapangan kerja penekanannya pada keberlanjutan usaha yang telah dibangun. Nantinya pada tahap lanjutan para wirausaha yang berperan pada pengembangan tenaga kerja berkelanjutan akan diarahkan penghitungan produktivitasnya.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Abduh menjelaskan penghitungan produktiivitas ini ditujukan untuk para Wirausaha Berkelanjutan. Nantinya akan diajarkan bagaimana cara mengembangkan bentuk usaha yang telah digeluti agar bertahan dan lebih efisien.

Ia jelaskan nantinya hasil daripada bentuk pengembangan tenaga kerja berkelanjutan ini akan didata sebagai acuan penentuan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pelatihan kewirausahaan ini akan mengajarkan keterampilan sederhana dan manajemen tenaga kerja untuk mempertahankan produktivitas tenaga kerja.

“Harapannya agar upaya-upaya ini tetap berkelanjutan,”ungkapnya.

Muhammad Abduh, Kabid Transmigrasi Disnakertrans Provinsi Kaltim.(foto : 1st)

Abduh mengatakan nantinya para Wirausaha tingkat lanjut akan direkomendasikan untuk mendapat perbantuan modal. Menurutnya semangat menjadi Wirausaha juga harus dijaga bersama. Hal ini berbanding dengan jumlah tenaga kerja dan lapangan kerja. Lebih banyak yang sadar akan menjadi tenaga kerja, dibanding dengan mewadahi ketenagakerjaan yang bekualitas.

Ia jelaskan nantinya nilai produktivitas para wirausahawan tingkat lanjut tersebut akan menjadi titik kunci data pembangunan suatu daerah. Bahkan dapat juga disajikan menjadi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) suatu daerah. Menurutnya, menjadi Wirausaha itu bukan hal yang muda karena harus merintis dari bawah, tidak harus menjadi kaya namun berdampak pada produktivitas sebuah daerah.

“Kalau Wirausaha lebih mudah, pastinya tidak akan sulit mencari pekerjaan. Karena perbandingan antara pelaku usaha dan pekerja, lebih banyak para pekerjanya,”pungkasnya. (Adv/Disnakertrans Kaltim/Ria)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.