Disnakertrans kaltim Menerima Kunjungan Kerja Direktorat Pengukuran dan Indikator Riset, Teknologi dan Inovasi

281

SAMARINDA Amanah ummat.Com – Agenda Kunjungan Kerja oleh Direktorat Pengukuran dan Indikator Riset, Teknologi dan Inovasi ke Kalimantan Timur selanjutnya tim melakukan analisis masalah yaitu untuk menganalisis kondisi dari indikator- indikator pada modal manusia, kapabilitas inovasi dan pertumbuhan ekonomi (PDRB) daerah; mengidentifikasi isu peran, kesiapan dan tantangan pemerintah daerah, perguruan tinggi, industri, asosiasi dan KADIN dalam meningkatkan daya saing manusia khususnya pekerja terampil dan inovasi;

Direktorat Pengukuran dan Indikator Riset, Teknologi dan Inovasi  yang mengunjungi kaltim (10 /11 2023) juga  melakukan bench marking terhadap provinsi yang unggul di indikator tertentu sehingga daerah lain dapat memahami dan menyusun strategi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, kapabilitas inovasi dan pertumbuhan ekonomi; serta memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah daerah dan Deputi Riset dan Inovasi Daerah – BRIN.

Provinsi Kalimantan Timur dipilih karena daerah ini memiliki beragam kebijakan terkait ketenagakerjaan, industry, dan termasuk ke dalam tertinggi ke-3 nasional dalam Indeks Pembangunan Manusia tahun 2022. Selain itu, Kalimantan Timur masuk ke dalam kategori klaster sangat tinggi terkait modal manusia dan klaster tinggi dalam PDRB.

Kunjungan diterima Disnakertrans Prov. Kaltim menerima kunjungan yang disambut hangat oleh Kepala Seksi Bina Informasi Bursa Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja mewakili Kepala Dinas dan beberapa staf dari bidang pengembangan Tenaga Kerja dan Sub Bagian Bidang Perencanaan Program.

Selain memberikan keluaran dalam peningkatan ilmu pengetahuan, penelitian ini juga dapat berkontribusi dalam memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi, meningkatkan kuantitas dan kualitas pekerja terampil yang dapat berkontribusi terhadap inovasi dan daya saing suatu daerah.

Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk dilakukan dan menjadi bagian dari kegiatan Deputi Kebijakan Riset dan Inovasi, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan, serta Deputi Riset dan Inovasi Daerah – BRIN.

Untuk mendukung penelitian ini, kami bekerja sama dengan Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa dan Perdagangan – BRIN serta memberikan rekomendasi kebijakan bagi Pemerintah Daerah yaitu  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, perguruan tinggi,  dunia usaha  atau industri, asosiasi atau KADIN. Ungkap salah satu petugas yang melakukan kunjungan. (Adv/Disnakertrans Kaltim/Fajar)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.