Dinsos Kukar Siap Andil Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Kukar

237

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com-Kepala Dinsos Kutai Kartanegara  H Hamly Siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menurunkan Angka kemiskinan Ekstrem, namun pihaknya mengaku  hal tersebut tidak semudah membalik tangan harus dikerjakan bersama sama .

“Harus disadari untuk mengentaskan kemiskinan tidaklah mudah dan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang diantaranya terkait data dan informasi yang disajikan secara akurat akuntabel terverifikasi dan tervalidasi serta dapat dengan mudah diakses oleh para pengambil kebijakan guna mendukung program penghapusan kemiskinan ekstrem di Kutai Kartanegara,” kata Hamly.

Hamly optimistis dibawah kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah sinergitas antar pemerintah daerah dan pusat bisa lebih intens. Hal ini dilakukan sehingga percepatan pemberian data dan informasi berkaitan dengan pengentasan kemiskinan ekstrim dan pengentasan kemiskinan secara keseluruhan dapat dilakukan dengan tepat sasaran.

“Saat ini untuk di Kukar masih diolah data terkait warga yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. Setelah di data dan disandingkan dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) ada beberapa wilayah yang memang masih ada kemiskinan ekstrem itu sehingga kami sudah bersepakat arahan pak bupati akan memprioritaskan intervensi program-program baik itu pusat baik itu daerah kepada warga kita yang ekstrem tersebut,” jelas Hamly.

Untuk jumlah angka pasti berapa warga Kukar yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, Hamly menegaskan hal tersebut masih diolah dan disandingkan datanya oleh pejabat teknis Dinsos dengan DTKS.

“Nanti setelah diolah dan disandingkan sehingga ketemu nanti data pastinya, tapi memang banyak sudah yang meningkat taraf hidupnya karena data ekstrem itu kalau yang kami lihat di Kementerian itu, DTKS 2019, jadi itu data yang lalu, banyak yang sudah kita berikan bantuan sehingga sekarang warga pra sejahtera kita itu sudah banyak yang meningkat taraf ekonominya,” pungkas Hamly. (Adv/Kominfo Kukar/gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.