Dinas Pekerjaan Umum Kukar Prioritaskan Peningkatan Jalan Poros Kenohan Hingga Muara Badak

154

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.ComPekerjaan Umum Kukar akan memberikan prioritas peningkatan jalan poros di Kecamatan Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang pada tahun anggaran 2023. Anggaran untuk peningkatan jalan poros penghubung 3 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut menelan biaya  sebesar Rp.52 miliar.

Prioritas peningkatan jalan poros penghubung kecamatan tersebut dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) sebagai tindak lanjut permintaan data jalan yang mengalami kerusakan yang menjadi kewenangan Kabupaten.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kukar Restu Irawan menjelaskan selain jalan poros 3 kecamatan tersebut, Dinas PU Kukar juga akan memprioritaskan peningkatan jalan penghubung Kecamatan Anggana – Muara Badak pada 2024  mendatang dengan anggarannya senilai Rp.20 miliar.

Dijelaskannya untuk wilayah Tenggarong, peningkatan jalan penghubung menyasar Desa Rapak Lambur menuju Desa Senoni di Kecamatan Sebulu. Sedangkan untuk wilayah sungai akan ditangani pihak Dinas PU Provinsi Kalimantan Timur yang akan menyasar jalan poros Sebulu – Muara Kaman.

Dijelaskannya bahwa saat ini Dinas PU Kukar melakukan langkah strategis dalam penanganan kerusakan jalan pada ruas tersebut. Langkah yang dilakukan adalah pengeringan genangan air, tanah dalam kondisi jenuh (berlumpur) dikupas dan dibuang, pengeringan sejenak dan dilakukan pemadatan dasar (awal), pelapisan batu telford (batu besar 20/30), penimbunan agregat kecil (pasir) sebagai pengunci dan dipadatkan, lapis pondasi agregat-B 20 cm, dan pemadatan akhir (Adv Kominfo kukar )

Leave A Reply

Your email address will not be published.