Diarpus Kukar Gelar Talkshow Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat

166

KUTAI KARTANEGARA  Amanah Ummat.Com-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar talkshow  Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat (IPLM) dengan tema “Literasi untuk Kesejahteraan”, di Pendopo Bupati Kukar, Sabtu (11/11/202

Talkshow yang menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional RI, perwakilan Diarpus Kukar, Diarpus Kaltim, dari Akademisi dan kepala daerah ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas), M Syarif Bando, dan Kepala Diarpus Kaltim, M Syafranudin ini dihadiri 300 peserta secara langsung dan 5 ribu peserta secara daring dari berbagai kalangan, siswa, mahasiswa, penggiat literasi, pustakawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan semua unsur yang peduli dengan perkembangan literasi.

Kepala Diarpus Kukar, Aji Lina Rodiah mengatakan, talkshow ini berlangsung berkat dukungan semua pihak dan diharapkan melalui diskusi interaktif dan inspiratif maka kedepan bisa menciptakan perpustakaan yang berlandaskan inklusi sosial. “Tentu untuk mewujudkan ini kita perlu dukungan semua lapisan masyarakat,” kata Aji Lina Rodiah.

Bupati Kukar, Edi Damansyah dalam hal ini yang diwakilkan oleh Sekda Kukar, Sunggono sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk menyoroti peran penting literasi dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraanmasyarakat.

Literasi bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, melainkan juga pemahaman informasi, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan.

“Melalui tema ini, kita berkomitmen untuk mendorong peningkatan literasi diseluruh lapisan masyarakat. Dengan literasi yang kuat, masyarakat akan lebih mampu mengakses informasi yang berkualitas, membuat keputusan yang bijak, dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Literasi juga menjadi fondasi utama dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkompeten dan berdaya saing,” ucap Sunggono.. (Adv/ Kominfo Kukar/Gp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.