Melihat Potensi Wisata Desa Ritan Kecamatan Tabang

192

TABANG Amanah ummat. Com-Ritan Baru adalah salah satu desa di kecamatan Tabang yang  mayoritas penduduknya adalah suku Dayak Kenyah dan merupakan kecamatan terluas di Kutai Kartanegara sekaligus kecamatan terjauh dan cukup sulit dijangkau karena transportasinya yang masih mengandalkan Sungai Belayan.

Ritan Baru merupakan suatu desa di kecamatan Tabang yang penduduknya sebagian besar dari Desa Sungai Kayan Hulu. Mereka sekarang menetap di desa ini yang terdapat lamin adat dan sejumlah anggota masyarakat yang masih bertelinga panjang.

Masyarakatnya masih hidup dengan adat istiadat yang kental termasuk upacara adat dan seni budayanya. Di desa ini terdapat sebuah lamin yang bernama Lamin Amin Bioq yang merupakan pusat kegiatan budaya bagi masyarakat Dayak di Desa Ritan Baru dan tempat pelaksanaan upacara adat Mencak Undat yang dilaksanakan setiap tahun.

Untuk mencapai Ritan Baru, dapat melalui kapal penumpang dari Samarinda yg memerlukan waktu perjalanan 2 malam. Atau melalui jalan darat menuju kecamatan Kota Bangun, setelah itu menggunakan long boat dengan biaya yang jauh lebih besar.

Potensi wisata terus dikembangkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar). Kepala Desa Muara Ritan Ardy Maroni mengatakan ada beberapa spot di antaranya wisata air terjun dan pulau yang berada di tengah Sungai Belayan.

Wisata pulau di tengah Sungai Belayan itu dinilai mempunyai daya tarik yang kuat untuk para wisatawan. “Seandainya musim kemarau, pulau itu timbul dan semua orang kumpul di situ. Mereka camping dan cari ikan. Kemudian ikannya dibakar di situ juga, jadi seru,” kata Ardy.

Pengembangan potensi wisata alam ini juga menjadi program unggulan bagi Desa Muara Ritan. Pemerintah desa sudah menyiapkan langkah untuk menjadikan Muara Ritan Sebagai Desa Wisata. Di antaranya, membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). (Adv/Kominfo kukar Gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.