Desa Sumber Sari Kembangkan Objek Wisata Alam dan Agrowisata

222

KUTAI KARTANEGARA Amanah Ummat.Com-Pengembangan sektor pariwisata menuju wisata alam dan agrowisata menjadi salah satu fokus Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar. Pengembangan sektor ini menyesuaikan potensi yang dimiliki Sumber Sari.

Kepala desa Sumber saru Sutarno  mengatakan. Pihaknya   memanfaatkan potensi desa dan secara bersamaan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami ingin menarik lebih banyak wisatawan untuk mengoptimalkan potensi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sutarno.

Dua lokasi wisata yang menjadi pusat perhatian terletak di RT 9 Dusun Taman Arum, yakni wisata Puncak Bukit Biru, dan di RT 8, yakni wisata Embung Air.

 “Jadi, dua tempat ini lagi kita upayakan dan tahun depan sudah bisa kita hadirkan untuk wisatawan,” ungkap Sutarno.

Lanjut Sutarno, wisata puncak sudah memiliki nilai ekonomis dari hasil pungutan penitipan motor. Dan untuk menunjang destinasi wisata ini. Pemdes Sumber Sari mendapat bantuan dari Dinas Pariwisata (Dispar) untuk pembangunan gazebo.

Juga, perbaikan jalan dari Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan dari Pemdes Sumber Sari telah menganggarkan pembuatan tangga menuju puncak dan tempat untuk berkemah hingga toilet.

Adapun pengembangan wisata embung yang dalam tahap persiapan. Yakni, wisata dengan konsep wisata alam dan agrowisata. Di bawah embung tersebut akan ada banyak petani yang menanam sayur dengan air dari embung. Jadi itu juga yang akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Sumber Sari.

Sutarno berharap bahwa semua rencana ini dapat berjalan lancar, sehingga masyarakat setempat dapat merasakan dampak positif secara ekonomi. Dengan upaya ini, Desa Sumber Sari berharap dapat menarik minat wisatawan, memberikan pengalaman yang berkesan, dan pada akhirnya, memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal. (Adv/Diskominfo Kukar/G)

Leave A Reply

Your email address will not be published.