Desa Muara Ritan Tabang Mulai Menggeliat

207

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com-Penduduk Muara ritan yang dihuni Masyarakat dayak karena jauhnya dengan ibu kota Kutai kartanegara (Tenggarong) dulu kurang tersentuh, kini daerah terjauh dari Kukar itu mulai menggeliat ,  Pemerintah Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan inovasi diantaranya memberikan ketrampilan.

“Kami mengadakan pelatihan pelatihan untuk warga agar mereka lebih terampil . kata Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni saat ditemui belum lama ini.

Lanjut Ardy ,biaya pelatihan menggunakan Anggaran Dana desa (ADD) , sedangkan Pelatihan keterampilan yang digelar diantaranya cara mengolah bahan makanan dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan diharapkan dengan keterampilan tersebut UMKM di desa semakin lebih baik dan lebih maju.

“Harapan kami UMKM ini bisa menonjolkan apa yang khas yang dimiliki desa. Sehingga ini dapat meningkatkan perekonomian warga dan juga desa,” ujar Ardy lagi.

Selain memberikan pelatihan keterampilan mengenai olahan makanan untuk dikembangkan lebih lanjut. Pemerintah desa juga memberikan pelatihan public speaking atau keterampilan berbicara.

Hal ini dimaksudkan untuk menunjang komunikasi yang baik warga desa kepada masyarakat luar terutamanya dalam memasarkan produk unggulan di Desa Muara Ritan.(Adv/Kominfo Kukar /Gb)

Leave A Reply

Your email address will not be published.