Promosi K3 Penting Bagi Keselamatan Pekerja

402

SAMARINDA  Amanah Ummat.Com– Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur Rozani Erawadi sampaikan pentingnya melaksanakan promosi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dilingkungan kerja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kerja tentang keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga dapat menerapkan budaya K3 di dalam lingkungan kerja.

”Sebenarnya menurut data ketenagakerjaan, kecelakaan kerja paling banyak terjadi justru pada saat diluar jam kerja. Misalnya, saat pekerja berangkat atau pulang kerja,” ungkap rozani diruang kerjanya, Rabu, (08/11/2023)

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur Rozani Erawadi

Rozani menegaskan, promosi K3 sangat penting dilakukan agar pekerja memahami bahwa keselamatan pekerja menjadi hal utama, dengan kondisi lingkungan kerja yang sehat dan aman, serta kesadaran pekerja yang tinggi dapat berdampak pada tingkat produktivitas perusahaan.

”Bayangkan kalau ada perusahaan yang mengalami kecelakaan kerja, yang dirugikan justru perusahaan. Karena harus dilakukan evaluasi melalui audit dan distop kegiatannya,” jelas rozani.

Rozani mengatakan, itulah mengapa K3 terkesan menjadi sebuah program dengan anggaran yang tinggi. Karena resiko terjadinya K3 dan dampaknya juga menjadi sangat besar.

”Maka kami mengimbau perusahaan untuk selalu melakukan promosi K3, baik itu berupa sosialisasi melalui poster atau melibatkan keluarga inti para pekerja, karena hal ini sangat penting bagi keselematan pekerja,” tutupnya.(Adv/rad)

Leave A Reply

Your email address will not be published.