ODGJ YK Sudah Keluar dari RSJ, Menunggu Proses Administrasi Pemulangan ke NTT

Sementara dititip di Panti Bina Remaja

331

SAMARINDA Amanah ummat.Com – ODGJ atas nama YK warga asal kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pemiliki identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertera beralamat di Jalan Diponegoro I RT.03, Desa Karang Ambon, kecamatan Tanjung Redeb kabupaten Berau dan juga  memiliki BPJS Ketenagakerjaan dengan status pekerjaan sebagai buruh harian saat ini telah keluar rumah sakit jiwa (RSJ) Atma Husada Mahakam Samarinda.

YK diantar ke RSJ Atma Husada Mahakam oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Sempaja Selatan, Muhammad Hanafi, sejak Sabtu Malam, 21 Oktober 2023 dari Jalan Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dekat Jalan Modang Komplek Perumahan Dosen Universitas Mulawarman, dibantu Ambulance Pokdar Samarinda atas pengaduan dari pemilik warung yang merasa terganggu adanya kehadiran YK.

Sejak Selasa pagi, 7 November 2023 YK telah dijemput petugas Panti Bina Remaja dibawah Dinas Sosial provinsi Kalimantan Timur dari RSJ Atma Husada Mahakam. “Ini kami di panti sosial Bina Remaja, bersama YK, kondisi YK sehat dan kami bisa tersenyum bersama,” tulis Mohammad Hanafi, PSM Kelurahan Sempaja Selatan melalui pesan WhatsApp, Selasa, 7 November 2023.

Mohammad Hanafi bersama Edi Siswanto ketua PSM Kelurahan Sempaja Barat kecamatan Samarinda Utara menjenguk dan melihat kondisi perkembangan YK dan berkomunikasi di Panti Bina Remaja yang terletak di Jalan DI Panjaitan Indovice Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.

“Saya di kabari dari Dinas Sosial setelah YK sampai di Panti, jadi yang menjemput petugas Panti Bina Remaja bersamaan dengan pengantaran pasien kontrol dari Panti. Jadi pulangnya membawa YK”, jelas Mohammad Hanafi.

Diungkapkan Hanafi, telah berkomunikasi dengan pak Haji Fuad Kasi Rehabilitasi sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur. “Pemulangan YK, terjawab pada tanggal 13 November Ini,” kata M. Hanafi.

Sementara itu H. Fuad Kasi Rehabilitasi sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur mengatakan saat ini sedang dalam persiapan Pemulangan. “Sedang persiapan Pemulangan, kita lakukan Komunikasi dengan keluarga dan Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu Mina, warga Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Provinsi NTT saat dihubungi vivaborneo.com melalui sambungan telepon WhatsApp  mengatakan telah bertemu dengan orang tua YK dan menyampaikan kondisi YK, mereka siap menerima kedatangan YK.

“Saya sudah bertemu langsung dengan bapak Vinsensius Kofi dia adalah bapak angkat dari YK. Bapak Vinsensius Kofi bersama keluarga siap menerima YK bahkan siap menjemput di bandara Eltari Kupang,” ucap Mina melalui sambungan WhatsApp, yang rumahnya sekitar 3 km dari kediaman orang tua angkat YK.

Diungkapkan Mina, rumahnya dengan rumah Vinsensius sebenarnya sangat dekat, namun dibatasi dengan kali. Jadi harus memutar jika mau ke rumah bapak Vinsensius.

Mina sebagai warga warga Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, menyampaikan terima kasih kepada warga Kalimantan Timur yang telah membantu YK. Semoga YK cepat dapat dipulangkan. “Terima kasih untuk segala upayanya Tuhan memberkati semua.” pungkas Mina.(mn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.