Program Kerja Disnakertrans Kaltim 2023 Hadapi Pembangunan IKN

404

SAMARINDA  Amanah Ummat.Com- Dalam proses perencanaan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dalam lampiran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang IKN disebutkan bahwa salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah tingkat inklusivitas, dalam hal ini adalah pengikutsertaan peran masyarakat setempat sebagai pelaku utama pembangunan.

Sejalan dengan penyiapan infrastruktur IKN, hal yang penting lainnya yaitu penyiapan Sumber Daya Masyarakat (SDM) lokal yang berkualitas.

Berbagai Program Kerja Kegiatan di tahun 2023 dibuat Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim. Program tersebut akan dijalankan salah satunya berkaitan dengan pemberdayaan tenaga pekerja lokal jelang Ibu Kota Negara (IKN).

Keterlibatan warga dan pengusaha lokal dalam pembangunan IKN Nusantara, diharapkan bisa mendapatkan perhatian tersendiri dari pemerintah pusat. Karena, jangan sampai masyarakat Kaltim hanya menjadi penonton atas kemegahan pelaksanaan pembangunan IKN Nusantara.

Strategi pelibatan tenaga kerja dari masyarakat lokal dapat dilakukan dengan kegiatan pemetaan karakteristik tenaga kerja lokal, pemetaan kuota afirmasi tenaga kerja lokal, hingga pelatihan tenaga kerja lokal melalui pembekalan keterampilan (skilling) dan alih kompetensi (reskilling)

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim, Rozani Erawadi melalui Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Prov Kaltim, Muhammad Abduh mengatakan dalam konteks Kalimantan Timur menyiapkan tenaga kerja yang mendukung akan keberadaan IKN Nusantara.

Dikatakannya, pentingnya meningkatkan penguasaan dan keterampilan di berbagai bidang termasuk penguasaan teknologi informasi dan kemampuan berbahasa asing agar dapat berkompetensi hingga dapat menjadi pemenang dalam persaingan SDM baik di Indonesia maupun global.

“Tidak hanya dengan IKN tapi kita mengupayakan semua tenaga berpartisipasi di IKN melalui pelatihan-pelatihan, “bebernya.

Adapun keterampilan pendidikan berbasis kompotensi yang dimanfaatkan oleh industri, diantaranya pengelasan (welding), otomotif kemudian alat berat, pendingin.

Program Disnakertrans Kaltim di tahun 2023 salah satunya program pemagangan. Program pemagangan ini merupakan sebuah bentuk peningkatan kompetensi terhadap pencari kerja dengan metode 25% teori dan 75% praktek yang mana disupervisi langsung oleh perusahaan, sehingga peserta magang memiliki pengalaman lebih banyak ditempat kerja secara langsung.

“Dengan strategi menjaring seluruh peluang pemagangan melalui KADIN dan asosiasi pengusaha harapannya semua yang dimagangkan dapat ditempatkan sesuai kebutuhan dunia industri,”jelasnya.

Kemudian, Pelatihan kewirausahaan yang objeknya adalah wirausahawan-wirausahawan baru atau lama yang belum berkembang.  Menjadi fokus utama yakni peningkatan produktivitas melalui pemberian ilmu manajerial yang disesuaikan dengan tren saat ini agar usahanya lebih berkembang.

Program selanjutnya adanya bimbingan konsultasi peningkatan produktivitas kepada perusahaan. Melalui kegiatan ini diharapkan perusahaan dapat diberikan metode dan teknik yang sesuai oleh konsultan produktivitas yang kompeten agar perusahaan dapat meningkatkan daya saing.

“Dinaskertrans juga memfasilitasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang ada di Kaltim untuk diakreditasi, agar Lembaga Pelatihannya dinilai kredibel oleh masyarakat serta dapat menciptakan pencari kerja yang kompeten,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Program Disnakertrans Kaltim juga melakukan pengukuran produktifitas perusahaan dengan metode Sistem Manajemen Peningkatan Produktivitas (SIMPPRO), yang mana melalui pengukuran ini diharapkan perusahaan mengetahui sejauh mana tingkat penerapan produktivitas di perusahaannya  .

Program lainnya adalah kegiatan penempatan tenaga kerja, salah satunya melalui job fair atau job market fair. Dengan harapan banyak peluang yang didapat oleh pencari kerja,  lowongan kerja akan dikumpulkan dan kita bisa buka bersama-sama diwaktu bersamaan.

Adanya upaya untuk meningkatkan pengelolaan bursa kerja online yang merupakan wadah/layanan dimana kita menempatkan informasi lowongan kerja untuk dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat di Kaltim.

“Pelatihan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Balikpapan itu untuk targetnya adalah 1.040 yang dilatih tentunya habis dilatih mereka diupayakan untuk bersertifikat dan ditempatkan, jika mereka belum dapat penempatan diupayakan untuk dimagangkan dulu itu harapannya untuk tahun 2023,”pungkasnya.

Terkait peningkatan itulah, sambungnya tiga pilar utama Disnakertrans Kaltim untuk meningkatkan kemampuan daya saing pekerja lokal atau tenaga kerja lokal. (ADV/Disnakertrans Kaltim/Gb)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.