Desa Beringin Agung Samboja Kembangkan Pertanian dan Peternakan

169

KUTAI KARTANEGARA Amanah ummat.Com-Beringin Agung merupakan sebuah desa di ilayah kecamatan Samboja , Kabupaten Kutai kartanegara,  Provinsi Kalimantan Timur . Desa ini,  banyak menyimpan   potensi , diantaranya  sektor  Pertanian dan peternakan.

Kepala Desa (Kades) Beringin Agung, Kusnadi mengungkapkan, potensi desa lebih ke sektor pertanian dan peternakan. Sebab potensi wisata alam belum ada.

“Salah satu unggulan kami saat ini adalah peternakan sapi, termasuk penggemukan,” kata Kusnadi, kepada wartawan belum lama ini.

Dia mengungkapkan, pengembangbiakan sapi sudah berjalan sejak 2009 silam. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) turut serta dalam pengelolaannya.

Berkat kerja sama dengan perusahaan, sapi yang dikelola oleh BUMDes kini berjumlah 39 ekor. Terdiri dari 17 sapi untuk penggemukan dan 22 sapi betina untuk pengembangbiakan.

Disebutkan Kusnadi, sejumlah kelompok ternak telah berhasil mengembangkan peternakan sapi dengan sistem lumbar, bahkan mendapat penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tahun 2017 dapat nominasi juara satu dari Gubernur Kaltim kategori pemeliharaan sapi ekstensif yang di lumbar,” ucapnya.

Sistem lumbar, kata Kusnadi, merupakan pemeliharaan sapi yang dikembangkan di kawasan sawit. Pagi rombongan sapi digiring ke daerah sawit, lalu sorenya dibawa ke tempat aman dari gangguan manusia dan binatang lainnya.

Metode itu sudah diterapkan oleh para kelompok ternak sejak beberapa tahun lalu, dan sukses. Masyarakat pun sudah merasakan manfaat ekonomi dari peternakan sapi.(Adv/Kominfo  Kukar)

.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.