Kecamatan Samboja Barat Dukung Pemkab Kukar Menjadi Lumbung Pangan Bagi IKN

280

KUTAI KARTANEGARA  Amanah ummat.Com Sekretaris Camat Samboja Barat, Budiman, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program  yang dicanangkan Bupati kukar  untuk menjadi lumbung pangan  bagi IKN.

“Yang jelas Samboja Barat ini kan masuk dalam salah satu destinasi IKN, salah satu program dari pak bupati bahwa, kabupaten Kukar ini kan salah satu ketahanan pangan untuk IKN,” ungkap Budiman, Jumat (3/11/2023).

Budiman menjelaskan bahwa Samboja Barat memiliki luas wilayah sekitar 60 ribu hektare, dengan sekitar 40 persen di antaranya merupakan lahan pertanian. Dia mengatakan bahwa komoditas unggulan di wilayahnya adalah padi, jagung, kedelai, dan sayuran.

“Jadi kami di Samboja Barat sebagai wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan di pertanian, jadi kami dari kecamatan Samboja Barat mengupayakan bagaimana pertanian di Samboja Barat bisa mendukung program-program pemkab Kukar untuk menjadi salah satu ketahanan pangan,” ucapnya.

Namun, Budiman mengakui bahwa ada satu permasalahan yang selama ini menjadi kendala dalam pengembangan pertanian di Samboja Barat, yaitu pengairan. Dia mengatakan bahwa selama ini petani di wilayahnya lebih mengandalkan hujan untuk memulai pertanian.

“Karena tidak adanya drainase untuk pengairan di persawahan. Jadi kalau musim kemarau begini, kami tidak bisa menanam. Kalau musim hujan, kami bisa menanam dua kali setahun,” ujarnya.

Budiman berharap ada bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah untuk membangun saluran irigasi yang bisa mengalirkan air ke lahan pertanian di Samboja Barat. Dia mengatakan bahwa hal itu sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di wilayahnya.

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah untuk membangun drainase pengairan di Samboja Barat. Karena itu sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian kami. Kalau ada drainase, kami bisa menanam tiga kali setahun, dan hasilnya juga bisa lebih baik,” tutupnya. (Adv/Diskominfokukar/Hel)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.